fbpx
Ragam Bangsa

Mandi Air Dingin vs Mandi Air Panas, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

ENERGIBANGSA.ID – Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, kotoran dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi.

Setelah mandi, manusia biasanya merasa segar, bersih, dan santai. Namun pendapat orang di berbagai negara tentang kebersihan dan bau badan selalu berbeda-beda dan tidak ada yang benar atau salah.

Orang Indonesia mempunyai kebiasaan mandi dua kali sehari dengan air dan sabun. Mandi pagi dilakukan di pagi hari sebelum melakukan berbagai kegiatan, sedangkan mandi sore dilakukan setelah menjalankan aktivitas.

Secara umum air yang dipakai untuk mandi adalah air dingin, namun beberapa orang di kondisi tertentu menggunakan air panas ketika mandi.

Lalu, apa perbedaan manfaat yang bisa dirasakan tubuh ketika mandi air dingin dan atau air panas ? Yuk, kita cari tahu!

Air Dingin

Air dingin di sini bukan berarti air dicampur dengan es batu selayaknya kita minum, ya. Air dingin yang dimaksud adalah air bersih yang ketika disentuh temperaturnya menyesuaikan suhu ruangan saat itu.

Terkadang, ketika tinggal di daerah dataran tinggi temperatur airnya akan ikut turun menjadi lebih dingin dari temperatur air yang ada di dataran rendah.

Air dingin juga dapat menghidrasi kulit dengan baik saat kulit terasa kasar, kering dan kehilangan elastisitasnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mandi air es atau air dingin dapat meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga kulit tampak lebih lembap dan segar.

Berikut manfaat lain dari mandi air dingin :

1.Mencegah Masuk Angin

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari mandi air dingin yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar menjadi lebih kuat.

Alasannya karena saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang diperlukan oleh sistem imun untuk melawan berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit.

Tanpa disadari, kebiasaan kita mandi air dingin membuat kita menjadi lebih kebal terhadap kondisi masuk angin. Hal ini dikarenakan suhu tubuh kita tidak akan mengalami perubahan ketika  cuaca menjadi dingin.

2.Mengencangkan Kulit

Carl Thornfeldt, pendiri Epionce Skin Care mengungkapkan bahwa air dingin bisa membantu mengencangkan pori-pori kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit.

3.Mengurangi Pikiran Tegang

Apabila setelah seharian melakukan aktivitas kamu merasa pikiran kamu kalut, pusing, dan tidak bisa berpikir jernih, mandi air dingin bisa menjadi salah satu solusi yang patut untuk kamu coba.

Manfaat mandi air dingin bisa membuat kamu merasa segar dan terjaga. Hal ini karena suhu air yang dingin akan membuat otak memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang membantu pikiran kamu tetap waspada secara alami.

Air panas juga bisa membantu kamu menyegarkan pikiran. Namun, hal tersebut tidak bisa sepenuhnya membuat kamu merasa segar.

Manfaat mandi air panas dan air dingin tentu saja berbeda untuk setiap kondisi tubuh kamu.

4.Mempercepat Metabolisme

Air dingin yang mengalir di tubuh dapat membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghangatkan kembali tubuh, dengan cara membakar kalori untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Air Panas

Air panas dipercaya bisa merelaksasikan tubuh. Bila ingin mandi menggunakan air panas, perhatikan suhu air yang dipakai sebelum mandi.

Sebaiknya suhu air tidak lebih tinggi dari 44 derajat celcius. Selain itu, apabila kamu mandi menggunakan air panas dengan suhu 44 derajat celcius, jangan mandi terlalu lama. Sebaiknya lakukan mandi selama 5-10 menit saja.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari mandi air panas, seperti :

1.Mengurangi Sakit Kepala

Manfaat mandi air panas dan air dingin, manfaat yang pertama dari mandi air panas yaitu melancarkan peredaran darah.

Mandi air panas bisa membuat peredaran darah menjadi lancar.

Apabila mandi dilakukan di bawah pancuran air, dan dengan tekanan air yang stabil selama lima menit, akan membantu memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

2.Otot Menjadi Rileks

Agar otot-otot kamu yang tegang, kaku, dan nyeri bisa kembali relaks, setelah selesai beraktivitas kamu bisa mandi menggunakan air panas.

Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari manfaat mandi air panas dan air dingin.

Ketika mandi menggunakan air panas, kamu bisa menggerak-gerakkan anggota tubuh seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang sedang terasa kaku.

Bisa juga sambil memijat ringan tubuh dan apabila memiliki pancuran, bisa berdiri dibawah pancuran selama 10 menit.

Tekanan air dari pancuran bisa dijadikan sebagai pemijat alami yang membantu meredakan otot yang nyeri dan kaku.

3.Meredakan Hidung Tersumbat

Salah satu manfaat mandi air panas selanjutnya yaitu membersihkan saluran hidung.

Untuk mengetahui manfaat mandi air panas dan air dingin kamu bisa mencoba beberapa saran dan tips yang dianjurkan ya!

Kamu bisa mencoba mandi air panas apabila kamu ingin membersihkan saluran hidung kamu.

4.Membuka Pori dan Membersikan Sel Kulit Mati

Ketika mandi dengan air panas pori-pori kulit akan membuka, ini sering dilakukan ketika kita melakukan perawatan kecantikan.

Dengan membukanya pori-pori, formula dari sabun akan lebih menyerap kulit. Tetapi hati-hati, jika terlalu sering menggunakan air panas kulit bisa jadi mengering. (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button