NasionalPendidikan

Mana yang Benar: Dirgahayu RI Atau HUT Ke-74 RI?

ENERGIBANGSA.ID – Merdeka! Dirgahayu Indonesia! Selamat Memperingati HUT RI Ke-74! Apakah Sobat Energi sering menjumpai kalimat-kalimat ucapan seperti itu?

Apakah terasa ada yang mengganjal? Apakah kalimat itu sudah sesuai kaidah Bahasa Indonesia? Atau masih bingung?

Eits, kalau masih bingung, yuk kita ulas bersama Tim Energi Bangsa! Makin banyak ilmu, jadi makin banyak tahu.

Dirgahayu RI
Dirgahayu diserap dari bahasa Sansekerta “dirgha” yang berarti panjang dan “ayu” yang berarti umur. Dirgahayu biasanya diucapkan untuk memberikan selamat hari jadi. Oleh karena itu, penulisan Dirgahayu HUT RI adalah sebuah kesalahan dan tidak tepat. Sebab pemberian selamat seharusnya ditujukan untuk RI, bukan hari ulang tahun (HUT). Maka penulisan yang tepat adalah “Dirgahayu RI”.

HUT Ke-74 RI
Ke-74 adalah bilangan tingkat yang umumnya menerangkan kata sebelumnya. Dalam hal ini, yang diterangkan adalah hari ulang tahun (HUT) bukan RI. Oleh karena itu penulisan HUT RI Ke-74 tidak tepat. Sebab bukan RI-nya jang berjumlah 74, melainkan HUT-nya. Sehingga penulisan yang tepat adalah HUT Ke-74 RI.

Bagiamana? Sekarang jadi lebih teredukasi, ‘kan!
Mulai sekarang perhatikan penulisan yang tepat ya, Sobat Energi. Jangan hanya lirik lagu “rasa yang tepat di waktu yang salah” saja yang kalian tahu. Penulisan yang tepat juga harus tahu, ya!

Ayo sebarkan, jangan berhenti di kamu!

Related Articles

Back to top button