fbpx
Daerah

‘Mak Tratap!’ Ganjar Tiba-tiba Undang Veteran Naik Podium saat Upacara HUT RI

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Meminjam dialeg Semarangan, “mak tratap!”, tiba-tiba Gubernur Jawa Tengah
mengagetkan peserta upacara peringatan kemerdekaan RI. Tanpa skenario, Ganjar undang veteran naik podium di halaman Kantor Gub Jateng, Senin (17/8/2020)

Ganjar Pranowo mempersilahkan M Amin Munadjat, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jateng untuk naik ke podium, Senin (17/8)

“Dalam kesempatan yang baik ini saya mengundang senior kita, veteran kita untuk naik ke podium ini, saya persilahkan,” kata Ganjar.

Salah satu veteran kemudian berdiri dan berjalan ke arah Ganjar. Satu petugas upacara nampak menggandeng veteran itu yang diketahui bernama M Amin Munadjat, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jateng.

Munadjat dalam pesannya menyatakan keprihatinan melihat melemahnya persatuan dan kesatuan bangsa. Ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, hankam, dan agama menjadi bahan yang diperdebatkan secara berlebihan bahkan keluar dari konteksnya.

Secara khusus ia menitipkan pesan pada Gubernur Jawa Tengah untuk terus menjaga persatuan, keguyuban, dan kerukunan warga.

Amanat Ganjar

Ganjar Pranowo saat upacara HUT RI ke-75, Senin (17/8)

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah dalam amanatnya menyampaikan bagaimana kesederhanaan warga di Dusun Girpasang Kabupaten Klaten. Ia bahkan belajar banyak dari seorang tokoh bernama Mbah Patmo Darsono yang sudah berusia sekitar 70 tahun, tetapi tetap bersemangat & selalu bersyukur tanpa mengeluh.

Gubernur Ganjar juga mengutip nasihat Mbah Patmo.

“Urip kui senajan abot tetep kudu dilakoni. Aja sambat lan aja ngeluh, aja mandhek sanajan dengkul wis ndredheg. (Hidup itu meskipun berat tetap harus dijalani. Jangan mengeluh, jangan berhenti meskipun lutut sudah bergetar).”

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di lingkungan Provinsi Jawa Tengah sendiri digelar dengan sederhana. Peserta upacara tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.
Tahun ini upacara hanya diikuti sebagian dari ASN Pemprov Jateng, perwakilan dari TNI-Polri, dan pelajar. (@kominfo_jtg).

Related Articles

Back to top button