Kabar IndonesiaKesehatan

Mahasiswa UNP Ciptakan Sepeda Terapi Otomatis ‘Tomat Bike’

ENERGIBANGSA.ID – Mengingat jumlah penderita gangguan sistem gerak seperti Cerebral Palsy, Dystrophy muscular, stroke, kanker sumsum tulang belakang yang tak sedikit. Serta, keterbatasan dalam beraktivitas yang harus dihadapi oleh penderita gangguan sistem gerak. Membuat mahasiswa mahasiswa asal Padang terinspirasi untuk menciptakan sebuah inovasi untuk mereka.

Annisa dan Fairuz Luthfiyah, Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa 2017 dan Ahlul Aulianur, Mahasisa Pendidikan Teknik Elektro 2015 Universitas Negeri Padang (UNP) berkolaborasi menciptakan sebuah alat terapi yang diberikan nama Tomat Bike. Tomat Bike sendiri merupakan singkatan dari Automatic Bike.

Terciptanya Tomat Bike ini ternyata merupakan keberhasilan Annisa, Fairuz dan Ahlul saat mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) yang didanai oleh Kemristekdikti. Dilansir dari unp.ac.id Annisa menuturkan jika terciptanya Tomat Bike tak lepas dari campur tangan serta dukungan dosen pendamping, Arisul Mahdi, M.Pd.

Untuk komponen Tomat Bike sendiri terbuat dari beberapa komponen seperti besi stalbush, box control dan monitor, motor DC sebagai penggerak pedal. Tak hanya itu, Tomat Bike juga di desain sedemikian rupa sehingga pas dan dapat digunakan oleh orang yang mengalami gangguan gerak. Selain itu, alat ini diharapkan dapat melakukan gerakkan guna menstimulus kerja otak, membantu aliran darah, dan menghindari kekakuan pada sendi.

Pasalnya Tomat Bike dibuat dengan tempat duduk yang dilengkapi oleh tiga titik sabuk pengaman agar pengguna tidak terjatuh, pedal lengkap dengan ikatan seperti sendal gunung, dan box control yang memiliki dua monitor untuk menghitung jumlah putaran dan stopwatch.

Ke depannya mereka berharap Tomat Bike dapat diproduksi dalam jumlah besar karena banyak orang yang akan membutuhkan alat ini.

Jika nantinya Tomat Bike telah diproduksi secara massal. Sobat Energi bisa nih merekomendasikannya kepada kerabat Sobat Energi yang memerlukannya.

Related Articles

Back to top button