Kabar IndonesiaNasionalPendidikan

Mahasiswa UNNES Raih Tiga Penghargaan dalam ASEAN Youth Initiative Exchange (AYIE) 2019 di Malaysia

0

ENERGIBANGSA.IDAYIE 2019 atau ASEAN Youth Initiative Exchange merupakan platform bagi anak muda untuk mengembangkan kapasitas dan potensi yang dimiliki untuk tumbuh menjadi pribadi yang siap membangun masa depan dan berkontribusi bagi sekitarnya. 

Para delegasi berasal dari beberapa kampus dan sekolah menengah di Indonesia di antaranya dari UNNES, UGM, ITB, UMM, Unsoed, Unila, UMS,Unram, SMAN 17 Plus Palembang, SMAN 1 Sleman, dll.

Kemudian untuk para fasilitator berasal kalangan profesional volunteer, UIN Yogyakarta, UGM, Unissula, UNP, Unair, UB, dan International Islamic University Malaysia (IIUM).

Dalam acara internasional itu, ada kabar gembira yang patut kita apresiasi bersama, pasalnya Kristi Dese Imanuel Adi Papa Yohanes (Geografi), Arfan Habibi (Sejarah), dan Rifqi Ilhami (Manajemen) yang mewakili Universitas Negeri Semarang (UNNES) dalam acara bergengsi di level ASEAN tersebut.

Ketiganya, masing-masing berhasil meraih katagori Best Idea, Best Speech, dan Best Presenter dalam rangkaian kegiatan ASEAN Youth Initiative Exchange (AYIE) 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, sejak Senin hingga Rabu (22-24/4) ini mengusung tema “Youth Power and CollaborAction for Sustainable Future” .

Para delegasi diminta ikut mengajar di sekolah lokal di Kuala Lumpur, Malaysia. Arfan dan Kris turut memberikan pengajaran tentang wawasan nusantara, jiwa nasionalisme, dan penanaman karakter, salah satunya penanaman karakter humanis dan peduli.

“Ini adalah pengalamanan pertama bagi kami untuk ke luar negeri, di sini kami banyak belajar dari teman-teman sesama delegasi, para fasilitator, dan pihak-pihak yang terlibat dalam rangkaian acara ini,” ungkap Kris sebagaimana dilansir unnes.ac.id

Sementara menurut Arfan, hal yang paling menarik dari kegiatan yang diselenggarakan oleh ILEAD Center dan Forum Negarawan Muda itu adalah saat mengajar di PPWNI Klang.

“Saat mengajar itu seneng banget. Berasa ada kebanggaan tersendiri bisa mengajar di sana walau hanya beberapa jam,” ungkap Arfan.

“dan hal yang paling berkesan adalah bertemu dengan adik-adik SD warga Indonesia di Malaysia,” pungkas pemuda asal Tegal tersebut.

Semoga prestasi mahasiswa UNNES bisa menjadi energi positif untuk menginspirasi para pemuda bangsa Indonesia. (red)

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Mahasiswa UNNES Raih Juara 3 National Paper Competition di Salatiga

Previous article

Tim Mahasiswa Indonesia Raih Best invention dan Special Award di Rusia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.