fbpx
Pendidikan

Mahasiswa Undip ini Sosialisasi Aplikasi Perpus Digital ‘iDemak”

ENERGIBANGSA.ID—Dyah Arumsari, sosok mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang itu kini mengikuti gelaran KKN 2021. Lokasi yang dipilihnya, di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Dalam programnya, ia menggelar sosialisasi untuk meningkatkan minat baca melalui Perpustakaan Digital ‘iDemak’ pada Senin (18/1/2021) lalu.

Tema yang diangkat pada kegiatan KKN kali ini adalah ‘Pemberdayaaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)’.

Program pendampingan pelajar

Dyah Arumsari menjelaskan, program KK berupa sosialisasi dilakukan pendampingan bagi siswa SMP hingga SMA. Terutama, siswa di sekitar lingkungan Desa Kembangarum Mranggen.

Pada pelaksanaan program mahasiswa KKN bimbingan Arwinda Nugraheni, S.KM., M.Epid ini memberikan penjelasan secara langsung tata cara mendownload aplikasi. Arum juga memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya.

Aplikasi layanan perpustakaan digital merupakan persembahan dari Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Demak. Lalu, didedikasi untuk masyarakat Demak.

Tujuannya tak lain agar masyarakat menjadi melek membaca seiring dengan perkembangan zaman.

Apalagi di era pandemi seperti ini aolikasi itu sangat memudahkan masyarakat untuk tetap membaca tanpa harus datang langsung ke perpustakaan.

Tersedia beragam genre buku

Di aplikasi itu, seperti dijelaskan Arum, terdiri atas buku beragam genre yang hanya cukup dengan mengaksesnya melalui handphone atau komputer.

Buku-buku itu juga bisa didownload secara gratis, resmi, serta tanpa ada bajakan koleksi.

Arum berharap anak-anak sekolah di desa Kembangarum bisa memanfaatkan layanan perpustakaan digital ini dengan baik. (*)

Related Articles

Back to top button