fbpx
Kabar Daerah

Mahasiswa KKN UNS Solo Ajak Masyarakat Sadar Covid-19, Ini yang Dilakukan!

SUKOHARJO, energibangsa.id–Sejak 15 Januari 2021 lalu, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah menerjunkan para mahasiswa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beragai wilayah di Indonesia.

Salah satu wilayah yang menjadi lokasi KKN mahasiswa UNS yaitu Desa Kenep, Kelurahan Kenep, Kabupaten Sukoharjo. Desa yang dikenal sebagai desa wisata ini menjadi lokasi utama pelaksanaan KKN oleh kelompok 115 UNS.

Di tengah pandemi Covid-19, kelompok KKN 115 UNS menyelenggarakan kegiatan untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan diri. Program yang diusung bertajuk “Sadar Covid-19”.

Penanaman Bibit Toga

Kegiatan itu diantaranya, penanaman tanaman obat keluarga (Toga), pembagian termometer serta pembagian tempat cuci tangan di Desa Kenep. Adapun kegiatan ini telah terlaksana pada 13 hingga 19 Februari 2021.

“Ada beberapa kegiatan yang kita lakukan untuk membantu masyarakat. Kegiatan itu lebih pada menjaga kesehatan. Salah satunya penanaman bibit toga seperti jahe, temu kunci, sambiloto tanaman rempah dan lainnya”, ujar Tegar Satrio Sembodo, selaku Ketua Kelompok KKN 115 UNS, Jumat (19/2/2021).

“Tanaman-tanaman tersebut nantinya bisa bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan baik untuk pencernaan,” tambahnya.

Mahasiswa KKN UNS Solo Ajak Masyarakat Sadar Covid-19, Ini yang Dilakukan!
Mahasiswa UNS membantu Pemerintah Kabupaten Sukoharjo untuk menyadarkan masyarakat pentingnya patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi, Sabtu (13/2).

Bertujuan menyadarkan masyarakat

Tegar juga menjelaskan, KKN ini juga didedikasi untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan

Mahasiswa juga melakukan ‘kampanye’ memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat di kerumunan.

Bentuk dukungan lain juga direalisasikan dengan pembagian tempat cuci tangan serta termometer di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Perumahan Kenep.

Tegar berharap, bentuk dukungan yang diberikan oleh kelompoknya dapat membantu pemerintah khususnya di Kelurahan Kenep dalam memutus dan mencegah penyebaran Covid-19. (*)

Related Articles

Back to top button