Energi MudaInspirasi BangsaPojok BangsaRagam Bangsa

Lutvi Abdullah, Ubah Bulu Ayam Jadi Snack Bar untuk Penderita Leukimia

ENERGIBANGSA.ID – Memang tak diragukan lagi prestasi anak muda negeri ini. Tak sedikit anak muda yang telah menorehkan beragam prestasi baik akademik maupun non akademik.

Kemajuan IPTEK yang membuat kita mau tidak mau harus terus melakukan inovasi untuk mengimbanginya. Inovasi juga terus dilakukan tak terkecuali oleh pelajar, misalnya inovasi yang coba dilakukan oleh Lutvi Abdullah. Ia merupan seorang mahasiswa program studi Analisis Kimia Sekolah Vokasi (SV) IPB University.

Upi sapaan akrabnya membuat sebuah inovasi produk yang terbuat dari bulu ayam yang berbentuk snack bar. Produk tersebut dinamai dengan HERBA (Chicken Feather of Snack Bar). Tak hanya unik tetapi snack bar buatan Upi ini ternyata bagus dan cocok dikonsumsi bagi penderita leukemia.

Hal tersebut karena di dalam snack bar tersebut terdapat kandungan quercetin, protein, dan vitamin yang terkandung dalam formulasi snack bar tersebut diklaim mampu memperpanjang harapan hidup penderita leukemia. Bahkan penemuannya ini mampu membuat Upi memboyong kemenangan sebagai Best Research Award dan Most Diplomatic Award di ajang International Microbiology and Medical Disease (IMMDE) NUS 2019.

Tak hanya itu, sebelumnya ia juga sudah pernah menorehkan prestasi-prestasi lain yang membanggakan di kancah internasional. Tahun 2017 misalnya, Ia mendapatkan gelar Best Research dalam ajang International Science Pharmacy University of Malaya 2017.

Lalu, di tahun yang sama Ia juga mendapatkan gelar sebagai Best Oral Presentation di ajang International Conference Medical of Human NTU Singapore 2017. Tak tanggung-tanggung ditahun yang sama pula Ia memenangkan Awardee Best Researcher Chulalongkorn University Thailand 2017. Pada tahun 2018 Ia memenangkan ajang International Conference Food and Agricultural Security University of Malaya 2018 sebagai Honorable Mention, Best Oral Presentation, and Best Research (Triple Achievement).

Nah, setelah membaca deretan prestasi Upi apakah Sobat Energi jadi termotivasi untuk membuat inovasi-inovasi baru yang tentunya tak kalah keren ? Tak perlu khawatir jika Sobat Energi tertarik dibidang lain, kalian juga tetap bisa kok mencetak prestasi. Jadi, tetap semangat dan teruslah berkarya ya Sobat Energi.

Related Articles

Back to top button