smk
foto juara SMK Marketing Competition tahun lalu (foto:kompas.id)
PendidikanTech

Lolos SMK Marketing Competition, SMK Swadaya Jadi Satu-Satunya Wakil Swasta dari Semarang

0

ENERGIBANGSA.ID – Sebagaimana dipahami oleh kebanyakan pelaku bisnis dan motivator bisnis, yang paling penting dalam sebuah bisnis bukanlah kantor, karyawan, produk, atau bahkan tehnologinya, melainkan cara perusahaan itu membuat strategi marketingnya.

Terlebih di era digital seperti sekarang, adanya SMK Marketing Competition Astraotoshop 2020 yang dihelat oleh astraotoshop.com membuat para peserta didik dan pengajar SMK di jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) berfikir kreatif bagaimana caranya memasarkan sebuah produk untuk khalayak.

Fadlul, kepala jurusan BDP di SMK Swadaya Semarang, membenarkan bahwa adanya SMC itu membuat para siswa bersemangat dalam mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama ini.

“kebetulan ini adalah kali pertama kami ikut lomba marketing, dan Alhamdulillah turut lolos ke tahap berikutnya,” ujarnya kepada energibangsa.id pada Selasa (17/3/2020) di kantornya, Jl. Taman Progo No.13, Mlatibaru, Semarang.

Fadlul bersyukur SMK Swadaya Semarang masuk dalam 19 tim dari berbagai SMK di provinsi Jawa Tengah yang lolos ke tahap selanjutnya, dimana SMK Swadaya merupakan sekolah swasta di tengah hegemoni sekolah negeri yang ikut kompetisi ini.

Sebagai informasi, SMK marketing competition 2020 ini diikuti oleh seluruh SMK di 6 Provinsi, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY.

Dari ratusan tim yang ikut lomba, hanya puluhan saja yang lolos di seleksi tahap awal, dan provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi yang mendominasi di antara provinsi lain.

Banten hanya diwakili 4 tim, Jakarta 6 tim, Jawa Barat 18 tim, Yogyakarta 6 tim, Jawa Timur 7 tim, dan Jawa Tengah 19 tim.

Secara institusi, di wilayah Jawa Tengah didominasi oleh SMK N 1 Kebumen yang lolos dengan 10 tim, disusul SMK N 9 yang lolos dengan 6 tim, lalu SMK Komputama Majenang 2 tim, dan SMK Swadaya Semarang 1 tim.

“kami tidak muluk-muluk, apapun hasilnya kami syukuri, tapi kami janji akan fight, ini pencapaian awal yang bagus, (padahal) SMK Swadaya Semarang, hanya mengirim satu tim, dan lolos ke tahap selanjutnya,” pungkasnya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Soal Corona, Fraksi PKB Ajak Masyarakat Perbanyak Doa

Previous article

Kisruh Suporter PSIS vs Arema, Bagaimana Baiknya?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Pendidikan