fbpx
Kabar Daerah

Libur Akhir Tahun, Pemprov Jateng Siapkan Operasi Yustisi dan Tes Antingen

SEMARANG, energibangsa.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan operasi yustisi di rest area dan tes antingen deteksi Covid-19 bagi pendatang. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 saat liburan akhir tahun nanti.

Nantinya akan ada pengetatan terhadap pendatang yang masuk di Jawa Tengah. Tak hanya itu acara yang dihadiri oleh banyak orang jug nantinya akan diminimalisasi. Hal ini dikatakan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam rapat virtual persiapan transportasi menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Rapat yang dipimpin oleh Menko Karitiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, telah disepakati beberapap point penting. Hal itu terkait pemeriksaan antingen bagi orang yang akan menggunakan transportasi umum. Menurutnya, dengan tes antingen dinilai lebih akurat daripada rapi tes antibodi.

“Tadi bersepakat, yang mau naik angkutan umum, transportasi udara, kereta dan bus, mesti ada rapid test antigen,” ujarnya.

Siapkan pos kontrol dan operasi yustisi

Upaya Pemprov Jateng untuk mengurangi kerumunan yaitu dengan menyiapkan pos kontrol dan operasi yustisi. Sasaran operasi ini yaitu rest area karena rawan dengan kerumunan. Operasi yustisi akan dilakukan bersama Satpol PP, kepolisian dan TNI. Sedangkan Dinkes nantinya bisa mengambil sampling test untuk bisa melakukan pengamanan.

Antisipasi penambahan kasus sudah dipersiapnkan juga oleh Pemprov Jateng dengan menyiapkan tempat karantina. Di Jawa Tengah nantinya tempat karntina terpusat berada di Asrama Haji Donohudan dan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

“Kalau dites lolos, sehat, ya tidak apa-apa. Tapi kalau mbolos artinya tak lolos seleksi tapi nekat, bukan tidak mungkin akan dikarantina,” pungkas Ganjar. (*)

Related Articles

Back to top button