fbpx
Wisata & Kuliner

Lezatnya Pecel Gambringan yang Bermula di Stasiun Gambringan Grobogan

ENERGIBANGSA.ID – Pecel menjadi makanan khas nusantara yang bisa dijumpai dimana saja. Namun, pecel di tiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan sendiri-sendir nih sobat energi. Pecel Gambringan yang melegenda ini nih contohnya, penasaran dengan keunikannya? Yuk simak..

Biasanya pecel yang sering kita jumpai terdiri dari sayur bayam, kangkong, kacang panjang dan taoge yang disiram dengan sambel kacang. Biasanya juga dilengkapi dengan peyek kacang ataupun bisa juga ditambah dengan nasi.

Pecel Gambringan merupakan pecel khas Kabupaten Grobogan. Pecel ini sekilas isinya terlihat sama dengan pecel pada umumnya. Untuk penyajiannya juga menggunakan daun pisang. Namun untuk menambah cita rasa biasanya juga disantap dengan peyek kacang nih.

Cita rasa yang khas

Pecel ini memiliki cita rasa yang khas nih guys dimana memiliki rasa pedas dengan aroma kacang yang berasal dari bumbu kacangnya sangat menggoda. Uniknya di pecel Gambringan ini, tanpa menggunakan bawang putih ataupun daun jeruk.

Ternyata terdapat asal usul di balik penamaan pecel gambringan nih. Rupanya dulu pecel ini hanya dijual di Stasiun Gambringan sejak tahun 1940 untuk wilayah Grobogan. Sehingga banyak orang yang sengaja naik kereta hanya unutk menikmati pecel Gambringan ini. Stasiun ini berada di Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

Dulu banyak orang yang berjuaan pecel baik di emperan stasiun maupun sampai ke dalam gerbong kereta untuk menjajakan jualannya. Kini, pihak PT KAI melarang adanya pedagang yang masuk ke dalam gerbong kereta sehingga kini stasiun ini tak ramai seperti dahulu yang terkenal akan penjual pecel Gambringan. (*)

Related Articles

Back to top button