fbpx
Kabar Daerah

Lewat “Gerakan Menabung”, Lazisnu Penaruban Bagi-bagi Nasi Bungkus Untuk Masyarakat Terdampak Banjir Ngampel Kendal

KENDAL, energibangsa.id—Lembaga amil zakat, infaq, dan sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Ranting Penaruban membagikan nasi bungkus bagi warga terdampak banjir di wilayah Dukuh Kampir Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, Jumat (20/11).

Pembagian nasi bungkus itu berawal dari Gerakan Menabung. Sehingga pembagian nasi bungkus dapat dilakukan tiap hari Jumat. Hari Jumt dipilih karena menjadi hari paling mulia di antara hari lainnya. Sehingga, para donatur dan masyarakat yang terlibat dalam gerakan tersebut diharapkan dapat memperoleh keberkahan.

Ketua Lazisnu Penaruban, Muhammad Ghozali Kurniawan, mengutip Ibnul Qayyim Rahimahullah tentang keutamaan hari Jumat.

Lewat “Gerakan Menabung”, Lazisnu Penaruban Bagi-bagi Nasi Bungkus Untuk Masyarakat Terdampak Banjir Ngampel Kendal

“Bahwasanya sedekah di hari Jumat lebih utama, dibandingkan semua hari dalam sepekan. Seperti sedekah di bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan selainnya,” jelasnya.

“Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan pernah mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Maka, dengan memperbanyak sedekah khususnya di hari Jumat, bisa dijadikan sebuah cara untuk menambah keluarga baru, kerabat baru atau teman baru”, imbuhnya.

“Sebab, kita tidak akan pernah mengetahui seperti apa kehidupan seseorang kelak dan saat kita membutuhkan bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan membantu kita,” tambahnya.

Fokus pada masyarakat yang membutuhkan

Begitu mendengar informasi musibah banjir, maka pembagian nasi bungkus difokuskan kepada yang lebih membutuhkan.

“Terima kasih kepada Lazisnu, yang telah memberikan perhatian kepada kami. Disaat pagi kami masih sibuk membersihkan barang-barang hingga lupa kalau kami belum makan,” ucap Roni warga terdampak banjir, Dukuh Kampir.

Para sukarelawan dari Lazisnu Penaruban, dengan mengendarai ambulance MWC NU Weleri menyisir di sejumlah lokasi yang terkena dampak bencana banjir untuk membagikan sebanyak kurang lebih 500-an nasi bungkus.

Secara terpisah, Ketua MWC NU Weleri, KH Abdul Aziz, mengaku bangga warga NU di Weleri bisa membawa kemanfaatan. Tidak hanya bagi warga sekitar, tapi juga untuk warga diluar daerah. (Siswadi)

Related Articles

Back to top button