Kabar DaerahKabar Indonesia

Lepas Kontingen Jateng ke Jamnas 11, Ganjar : Semoga Karakter Pramuka Sejati Terbentuk, Tetap Jaga Prokes

SEMARANG, energibangsa.id – Gubernur Ganjar Pranowo berharap perwakilan Kwartir Daerah Jawa Tengah terbentuk karakternya sebagai pramuka sejati dalam Jambore Nasional 2022.

Ganjar mengatakan, Jamnas ke-XI ini momentum pertemuan anak-anak bangsa seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri dan melepas Kontingen Jambore Nasional, Kwartir Daerah Jawa Tengah, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (3/8).

Jamnas ke XI akan diikuti sebelas ribu peserta se Indonesia. Jateng mengirimkan 740 orang.

“Jambore Nasional menarik untuk seluruh Pramuka Indonesia, saya waktu SMP juga kepengin sekali nggak pernah bisa masuk, maka mereka adalah anak-anaak terbaik. Saya berharap betul ini momentum setelah pandemi mereka bisa bertemu seluruh Indonesia,” kata Ganjar.

Berbagai kegiatan di dalam Jamnas 11 ini, kata Ganjar, diharapkan memberikan inspirasi bagi para peserta khususnya dari Jawa Tengah.

Sharing sessions, pertunjukan prestasi bisa diberikan meski bukan dalam bentuk kompetisi.

Ganjar juga berharap kegiatan ini jadi momentum terjalinnya komunikasi yang baik antara anak bangsa.

Apalagi Jamnas diikuti peserta setingkat SMP.

“Harapan saya karakter akan terbentuk sebagai pramuka sejati dengan dasa dharmanya dan kemudian mereka tidak akan membully temannya karena mereka tahu gimana kondisinya,” katanya.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Jateng mengatakan, kegiatan kepramukaan akan membentuk karakter positif pada anak.

Nantinya, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak mudah berpikiran negatif dan menghakimi.

Ganjar berpesan kepada kontingen Jamnas ke-XI Kwarda jateng agar tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga pelaksanaannya bisa berjalan aman dan nyaman, pulang dalam keadaan sehat.

“Mudah-mudahan mereka pulang akan mendapatkan satu inspirasi yang banyak bagaimana berprestasi, bergaul, memimpin,” tandasnya.

Ketua Kwarda Jateng, Siti Atikoh Ganjar berharap kontingennya dapat membawa nama baik daerah dengan aktif berpartisipasi di tiap kegiatan.

“Nanti ketika pulang bisa dibagikan ke adik-adik di Kwarcab atau di sekolah, harapannya bisa sukses dan semangat terus,” kata Atikoh.

Related Articles

Back to top button