Nasional

Lengkap! Fasilitas Baru Kelas Dunia Di Bandara Soekarno-Hatta

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Bersumber dari IDN Times, PT Angkasa Pura II (persero) akan segera menjalankan fasilitas baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Disampaiakn Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (persero), tiga fasilitas tersebut berkelas dunia.

Bandara internasional Soekarn-Hatta Jakarta

“Soekarno-Hatta merupakan pintu gerbang utama serta bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, di mana peningkatan traffic di Soekarno-Hatta turut mendorong peningkatan traffic bandara-bandara lain di dalam negeri,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/).

Berikut 3 fasilitas baru yang segera dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta:

1.Heliport komersial pertama di Indonesia
Dikelola oleh Whitsky Aviation, 7 parking stand untuk helikopter di kawasan Bandara Soekarno-Hatta direncanakan beroperasi penuh pada 23 Agustus 2020.

Adanya Heliport diharapkan menjadi alternatif transportasi menggunakan helikopter bagi traveler dari Jakarta atau berbagai kota lainnya untuk dapat cepat menuju Soekarno-Hatta, mau pun sebaliknya dari Soekarno-Hatta menuju berbagai kota tujuan.

“Keberadaan Heliport jelas akan meningkatkan daya saing Soekarno-Hatta di tingkat regional. Soekarno-Hatta mampu menghadirkan fasilitas penerbangan yang lebih lengkap,” ujar Awaluddin.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja menyebutkan Heliport Soekarno-Hatta terkoneksi dengan 171 helipad yang ada di Jakarta.

“Layanan Whitesky meliputi Helicity untuk transportasi dan Helimedivac untuk keperluan medis. Heliport Soekarno-Hatta terkoneksi dengan 171 helipad yang ada di hotel, perkantoran, dan rumah sakit,” tutur Denon.

2.Hotel Bintang 4

Hotel yang akan dibuka di terminal 3 Soekarno-Hatta akan menjadi satu-satunya hotel dengan fasilitas bintang 4 di kawasan Bandara.

Dibangun dengan 7 lantai dan 147 kamar, rencananya soft opening akan segera dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Terdiri dari kamar deluxe, deluxe difable, junior suite, executive suite dan deluxe suite, hotel akan dikelola di bawah PT Angkasa Pura Propertindo (APP), yang merupakan anak usaha dari PT Angkasa Pura II.

“Saat ini kami tengah mencari mitra operator hotel global untuk menjadi pengelola hotel bintang 4 ini sampai dengan 20 tahun. Penawaran kerja sama pengelolaan hotel ini juga dilakukan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal [BKPM],” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura Propertindo Agung Sedayu.

3.Gedung Parkir berstruktur baja untuk sepeda motor di Transit Oriented Development (TOD)

Dalam langkah mempermudah akses Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II membangun gedung parkir berstruktur baja untuk sepeda motor di Transit Oriented Development (TOD) yang terletak di sisi belakang bandara atau dekat dengan Jalan M1.

Gedung parkir ini mampu menampung ribuan unit sepeda motor, melengkapi area parkir yang sudah ada sebelumnya yang juga berkapasitas ribuan unit sepeda motor. Dalam TOD ini akan disediakan pula shuttle bus gratis untuk mengantar ke sejumlah titik di dalam area bandara.

“Kemudahan akses dari dan ke Soekarno-Hatta merupakan salah satu fokus kami, dan melalui adanya gedung parkir khusus sepeda motor ini setiap traveler atau pengunjung bandara yang menggunakan sepeda motor dapat mudah menjangkau Soekarno-Hatta melalui TOD di area belakang bandara”, ungkap Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi.

“Sebelumnya juga sudah dioperasikan gedung parkir khusus mobil di Terminal 3,” ujar Haryadi. (Sasa/EB/IDNTimes)

Related Articles

Back to top button