Kabar IndonesiaKesehatanRagam Bangsa

Lebih Sehat, Ganti nasi Anda Dengan Sorghum

ENERGIBANGSA.ID – Sebagai bahan makanan pokok beras memang selalu menjadi primadona terutama dikalangan masyarakat kita. Bahkan muncul kalimat di tengah-tengah masyarakat bahwa “kalau belum makan nasi berarti belum makan”.

Hal tersebut seolah menjadi bukti nyata bahwa nasi masih menjadi favorit dan belum tergantikan. Padahal nasi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kita adalah nasi yang berasal dari beras putih. Sudah bukan rahasia umum jika nasi putih mengandung gula yang tinggi dan apabila dikonsumsi berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan.

Tapi Sobat Energi tidak perlu takut, kalian bisa membatasi jumlah konsumsi nasi putih agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan. Selain itu, bisa juga mencari alternatif pengganti nasi salah satu yang patut dicoba adalah sorghum.

Sebagian masyarakat ada yang menyebut sorghum dengan sebutan “cantel”. Meski sorghum tak sepopuler nasi dan bahan makanan pokok pengganti nasi yang lain tak lantas membuat sorghum kalah soal kandungan gizinya.

Sebaliknya, berdasarkan data dari Departemen Kesehatan mencatat bahwa sorghum memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi dan fosfor yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras dan bahkan memiliki kandungan gula yang lebih rendah.

Tak hanya memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, bahkan tanaman sorghum digadang-gadang mampu menjadi solusi negara kita untuk mengurangi jumla impor beras. Tetapi dengan catatan pemerintah dan masyarakat ikut mengambil peran dan mengambil langkah serius soal gerakan pangan lokal.

Nah, itulah beberapa manfaat dan keunggulan dari sorghum. Apakah Sobat Energi tertarik mencobanya ?

Related Articles

Back to top button