fbpx
Daerah

Lebih 184 Desa, Pemkab Jepara Canangkan Gerakan Makai Masker!

ENERGIBANGSA.ID (Jepara) – Demi mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia yang juga belum mereda, pemerintah baik pusat maupun daerah bekerjasama untuk mendengungkan secara massif kampanye protokol kesehatan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara pada hari ini, Kamis (3/9).

Kampanye gerakan memakai masker serta rajin mencuci tangan dan menjaga jarak fisik secara serempak dicanangkan di semua desa oleh Pemkab Jepara untuk memutus mata rantai COVID-19 yang ada di sana.

Pencanangan gerakan ini dilaksanakan di halaman Pasar Mayong, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara Pukul 11 siang yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dan jajarannya.

Sekitar 184 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Jepara diketahui mengikuti kampanye tersebut.

“Sebetulnya ini merupakan upaya mengkampanyekan rajin memakai masker kepada masyarakat. Sebelumnya memang sudah banyak yang memiliki kesadaran untuk memakai masker, namun perlu ditingkatkan,” kata Edy dilansir dari jateng.antara.com

Selain kampanye, pada acara tersebut Pemkab Jepara juga membagikan masker secara gratis kepada masyarakat yang secara simbolis diberikan kepada ketua paguyuban pedagang pasar serta masyarakat lainnya.

Berdasarkan pantauan energibangsa.id, kurang lebih sekitar 113.000 masker sampai saat ini telah dibagikan kepada masyarakat.

Pembagian ini merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun saat memakaikan masker seorang anak yang tidak bermasker saat di Pasar Mayong Jepara, Kamis (3/9/2020). (sumber: Antara)

Edy menjelaskan kunci utama untuk menghindari virus corona sendiri dengan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak fisik dengan orang lain serta rajin mencuci tangan pakai sabun.

“Gerakan 3M itulah yang kami anggap lebih efektif karena obat dan vaksin belum ditemukan. Mari semua masyarakat di Kabupaten Jepara beserta jajaran Pemkab Jepara untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun mengatakan  upaya menanggulangi penularan COVID-19 yang dilakukan tidak hanya dengan gerakan 3M saja, tapi Pemkab juga mencoba menempuh dengan upaya-upaya lain.

Antara lain yaitu menggelar lomba pembuatan video kampanye penggunaan masker di masyarakat dengan peserta seluruh desa dan kelurahan serta mengoptimalkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan meningkatkan monitoring dan pembagian masker ke sejumlah pasar tradisional dan terminal. 

Dengan upaya tambahan yang dilakukan Pemkab Jepara diharapkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan semakin meningkat. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button