fbpx
Nasional

Layani Kependudukan, Ansor Tulungrejo-Islah Banyuwangi Alami Lonjakan Peserta

ENERGIBANGSA.ID (Banyuwangi) — GP Ansor Ranting Tulungrejo bekerjasama dengan Ikatan Santri Alumni Al-Falah (Islah) Kabupaten Banyuwangi belakangan ini berikan layanan dokumen-dokumen kependudukan, seperti pembuatan akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga, dan kartu tanda penduduk.

Kegiatan yang diselenggarakan pada pertengahan September 2020 lalu itu merupakan inisiatif dari PCNU Kabupaten Banyuwangi. Namun pelaksana teknisnya pengurus MWC NU Kecamatan Glenmore yang didukung NU Ranting Tulungrejo serta Ansor Tulungrejo.

Masyarakat tidak dibebani pembiayaan dokumen tersebut alias gratis. Meski demikian, kepanitiaan tetap melibatkan Dispenduk Kabupaten Banyuwangi.

“Masyarakat gratis melakukan pengurusan dokumen kependudukannya. Kami telah libatkan Dispenduk Kabupaten Banyuwangi”, ujar Muhammad Aqil selaku Ketua Ansor Tulungrejo.

Lebih lanjut, Aqil menceritakan bahwa kegiatan tersebut disambut positif oleh elemen masyarakat Desa Tulungrejo. Terutama, mereka yang mendapat pendampingan dalam mengurus dokumen kependudukan.

Program itu sebenarnya dibatasi 300 orang per kecamatan. Sedangkan masing-masing desa mendapat jatah 30 orang. Tapi karena adanya minat masyarakat yang tinggi, pengurusan kependudukan bahkan melampaui batas. Hingga hari terakhir, tercatat sedikitnya 65 orang mengurus kependudukan.

Ketua Islah Banyuwangi, Iqbal Bakhtiar, mengapresiasi langkah pengurus GP Ansor dan NU Tulungrejo yang tak larut dalam persiapan pesta demokrasi di Banyuwangi.

“Ada hal yang lebih urgen dibandingkan politik, yakni melayani surat-surat kependudukan masyarakat”, terang Iqbal.

“Tentu ini sinergi dengan visi pembentukan Islah itu sendiri, yakni bersahabat melebihi saudara”, singkatnya. (Kontributor: Saiful Bari).

Related Articles

Back to top button