fbpx
Internasional

Larang WNI, Dubes Malaysia Disemprot Menlu RI

ENERGIBANGSA.ID ( Jakarta) – Baru – baru ini, terdengar kabar adanya larangan masuk warga Indonesia ke Malaysia.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah, mengatakan Kemlu telah memanggil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia. Zainal Abidin Bakar, untuk mengklarifikasi larangan masuk yang diberlakukan.

“Pada Rabu (2/9), Kemlu RI telah memanggil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia guna memintakan klarifikasi atas pemberitaan tersebut. Dubes Malaysia menjanjikan akan menyampaikan pembicaraan dengan Kemlu RI ke Kuala Lumpur,” kata Faizasyah di Jakarta, Kamis (3/9).

Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. (sumber: kemenlu.go.id)

Sebelumnya, Pemerintah Malaysia mengumumkan larangan masuk bagi pemegang izin kunjungan jangka panjang dari Indonesia dan dua negara lainnya, yaitu India dan Filipina.

Baca Juga : Aduh, Malaysia Resesi!

Menteri Senior Ismail Sabri Yaakob, mengatakan perintah yang efektif berlaku mulai 7 September. Dibuat setelah mempertimbangkan lonjakan kasus COVID-19 di ketiga negara tersebut.

Faizasyah mengatakan tidak tahu persis jumlah WNI yang terdampak kebijakan tersebut. Dia menambahkan Indonesia sendiri juga masih memberlakukan pembatasan masuk resiprokal bagi warga negara asing terkait situasi pandemi COVID-19, termasuk warga dari Malaysia.

“Dubes Malaysia menginformasikan bahwa kebijakan tersebut bersifat temporer (sementara) dan akan dikaji ulang setiap minggu,” ujar Faizasyah sebagaimana dikutip tim energibangsa.id dari beritasatu.com

Ketika ditanya apakah larangan masuk ke Malaysia berlaku untuk kalangan diplomat, Faizasyah mengatakan prosedur masuk ke negara lain untuk diplomat tetap meminta visa, serupa dengan diplomat asing yang hendak masuk ke Indonesia. (buddy/EB)

Related Articles

Back to top button