Kabar Indonesia

Langkah Sukses Lolos Tes Kraepelin

ENERGIBANGSA.ID – Psikotest merupakan salah satu dari berbagai rangkaian yang duijikan dalam proses penerimaan pegawai di suatu instansi ataupun perusahaan. Salah satu yang menjadi momok bagi para calon pelamar kerja adalah Tes Kraepelin.

Tes ini sering juga disebut tes koran karena ukuran kertas soal yang menyerupai sebuah koran. Tes ini penting dipahami, terlebih bagi para freshgraduate yang belum pernah mengerjakan tes ini sebelumnya.

Tes ini terdiri dari gugusan angka dari 1 sampai 9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentu lajur. Cara pengerjaanya pun cukup mudah, hanya menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam tiap lajur.

Salah satu aspek penilaian dari tes ini adalah grafik. Grafik yang stabil atau meningkat akan lebih baik. Namun tes ini kerap kali dicurangi oleh para pelamar kerja dengan sengaja membuat hasil grafik yang stabil atau meningkat.

Sebagai Human Resource mereka tentu lebih lihai dari para pelamar kerja, adanya permainan waktu dalam test kraeplin ini digunakan untuk meminimalisir skema grafik yang dibuat oleh para pelamar kerja.

Sederhananya ada waktu yang ditambah atau dikurangi jadi tidak memungkinkan untuk grafiknya terus stabil atau naik terus. Berikut tim energibangsa.id rangkumkan, trik mengerjakan tes kraeplin yang dirangkum dari berbagai macam sumber.

Persiapkan Alat Tulis
Hal ini terbilang sepele, namun tidak bisa diremehkan. Alat tulis merupakan benda yang sakral dalam tes ini. Pasalnya tes ini juga menguji kecepatan, pastikan kalian memakai alat tulis yang tidak mengaggu kalian dalam mengerjakan tes. Pastikan bolpoint yang kalian gunakan tidak macet. Jika menggunakan pensil pastikan kalian memikirkan time manajemen untuk meraut pensil kalian.

Berlatih
Kunci untuk mengerjakan tes kraeplin adalah berlatih. Dengan berlatih, mental kalian akan terbiasa bekerja secara cepat, cermat serta dbawah tekanan waktu yang sedikit. Mental seperti ini harus dibangun dari awal sebelum mengerjakan tes ini. Grogi pada awal pengerjaan test akan mempengaruhi hasil penghitungan kalian. Bisa jadi hasil penghitungan salah kemudian memecahkan fokus kalian dlaam menghitung angka selanjutnya.

Konsentrasi
Konsnterasi sangat diandalkan untuk menuntaskan test ini. Jika sedikit saja fikiran anda terkecoh dengan hal lain, dapat dipastikan hasil test kalian tidak akan masksimal. Untuk meningkatkan konsentrasi usahakan anda tidak begadang sehari seblum tes, jangan lupa isi perut sebelum mengerjakan, karena test ini mebutuhkan banyak energi.

Jujur
Yakin dengan kemampuan diri kalian sendiri. Jangan memaksakan mengerjakan deret angka hingga paling atas. Banyak aspek yang diukur dalam tes kreplin ini, bukan hanya semata-mata grafik yang bagus.

Hasil grafik yang dimanipulasi nantinya akan membuahkan hasil kepribadian yang bukan diri anda yang sebenarnya. Apabila hasil test ini di compare dengan hasil test lain seperti interview misalnya, tidak akan memberikan hasil yang match. Jujur dalam mengerjakan adalah kunci sukses diri Anda.

Related Articles

Back to top button