fbpx
Gaya Hidup

Langkah Awal Atasi Ponsel yang Terkena Air

ENERGIBANGSA.ID – Di mana pun berada dan aktivitas apapun yang dilakukan, ponsel selalu ada di samping kita.

Seringkali karena tidak sadar, ponsel dapat terkena atau bahkan tenggelam dalam air.

Kalau sudah begitu, kinerja ponsel menjadi tidak maksimal. Bahkan, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah data yang ada di dalam ponsel bisa saja hilang.

Sebelum semua itu terjadi, ada baiknya kita mencoba cara berikut terlebih dahulu untuk memastikan apakah ponsel kita masih dalam keadaan baik-baik saja.

1. Matikan Ponsel Apabila Masih dalam Keadaan Hidup

Langkah Awal Atasi Ponsel yang Terkena Air
Sumber : kompasiana

Saat ponsel terkena air dalam keadaan hidup, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah mematikan ponsel sesegera mungkin.

Apabila ponsel sudah dalam keadaan mati, maka jangan buru-buru untuk mengaktifkannya kembali. Hal ini bisa memperparah keadaan karena adanya listrik dan air di dalam ponsel dapat menyebabkan konsleting internal.

2. Keluarkan Semua Komponen Ponsel

Langkah Awal Atasi Ponsel yang Terkena Air
Sumber : xiaomidev

Setelah itu, dalam keadaan kondisi mati, segera keluarkan seluruh komponen dalam ponsel seperti SIM Card, Micro SD atau baterai apabila bagian belakang ponsel kamu dapat di buka.

Kemudian angin-anginkan hingga seluru komponen tersebut sudah mengering secara maksimal. Kamu bisa bantu mempercepat proses pengeringan dengan membersihkan air dengan kain lap bersih atau tisu.

3. Gunakan Silica Gel

Langkah Awal Atasi Ponsel yang Terkena Air
Sumber : sehatq.com

Silica gel menjadi pilihan langkah berikutnya karena dapat menyerap kandungan air yang masih ada.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu meletakan sejumlah silica gel di setiap sisi ponsel, terutama bagian yang kemungkinan besar lebih banyak kemasukan air. Setelah itu, diamkan selama 2 hingga 3 hari.

Jika Tidak Berhasil, Apa yang Harus Dilakukan ?

Kamu masih panik karena ketiga langkah di atas masih juga tidak berhasil? Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membawanya langsung ke tempat service ponsel.

Tidak ada yang salah dengan cara di atas, apabila memang belum berhasil setidaknya kamu sudah mencoba langkah terdepan setelah ponsel kamu terkena air.

Semoga berhasil!

Related Articles

Back to top button