Kabar IndonesiaNasionalOlahraga

Lampaui Target, Indonesia Raih Juara Umum Asean School Games 2019

ENERGIBANGSA.ID — Indonesia berhasil meraih juara umum ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019, setelah mampu mengguli Thailand yang berada di peringkat kedua klasemen umum di hari terakhir lomba, Selasa (23/7) malam.

Tidak sekedar memenuhi target sebagai juara umum, Indonesia juga melampaui target medali yang ditetapkan.

Sebelumnya, para atlet pelajar ini ditargetkan meraih 36-38 medali emas, namun pencapaian melampaui dengan 43 emas berhasil diraup.

Secara total Indonesia mengoleksi 102 medali, terdiri dari 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan dan melegakan mengingat persaingan yang cukup ketat di ASG tahun ini,

Pasalnya Thailand yang berada diposisi kedua dengan perolehan 33 emas, 31 perak dan 35 perunggu, dan Malaysia ditempat ketiga dengan 18 emas, 25 perak, dan 34 selalu menempel ketat Indonesia di klasemen perolehan medali. 

Ketua Kontingen Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni mengatakan ini menjadi keberhasilan kedua Indonesia meraih juara umum ASG. 

Prestasi serupa pernah diraih Indonesia di Brunei Darussalam pada 2015 lalu. 

”Namun dari dua juara umum ini ada yang berbeda dari segi medali. Kali ini Indonesia mampu menorehkan capaian medali terbesar sejak ASG dimulai 2008 lalu,” kata Yayan dilansir dari Suaramerdeka.com

Dirinya tidak bisa menyembunyikan rasa gembira dengan pencapaian beberapa cabang yang melampaui target.

“Alhamdulillah, target sudah terlampaui berkat kerja keras para atlet, pelatih dan semua pihak,” kata Yayan.

Merujuk data yang didapat tim energibangsa.id. dari 43 emas yang di dapat Indonesia diantaranya 13  medali emas dari cabor renang, dimana melebihi yang ditargetkan yaitu 12 medali emas.

Lalu atletik mempersembahkan 11 medali emas dari delapan medali emas yang kami targetkan.

Kemudian, bulutangkis mampu sapu bersih tujuh medali emas. Ini untuk yang pertama kali setelah sebelumnya sering berbagi dengan Malaysia dan Thailand.

Pesilat putra Indonesia Amirullah Karim memperlihatkan medali emas pencak silat putra kelas F 59-63 kg ASEAN Schools Games (ASG) 2019 yang berhasil diraihnya, di Rama Shinta Ballroom Patra Jasa Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2019) (dok. ANTARA FOTO/R. REKOTOMO)

Yayan juga mengapresiasi raihan medali emas di cabor pencak silat. Dari olahraga bela diri tanah air ini, Indonesia meraih tujuh medali emas dari 10 medali emas yang diperebutkan.

Sementara dari tenis, Indonesia memperoleh empat medali emas dari dua medali emas yang ditargetkan.

Sedang kejutan terjadi di cabang sepak takraw yang mampu mempersembahkan medali emas pertamanya dari 11 kali gelaran.

“Penampilan anak-anak luar biasa, salut. Saya bangga dan saya yakin Indonesia bangga, karena pada usia yang tergolong muda mereka sudah menunjukan dedikasi dan perjuangan maksimal untuk dapat mengibarkan merah putih,” kata Yayan .

Di kesempatan yang sama Plt Asdep Olahraha Prestasi Kemenpora RI, Arsani juga mengapresiasi total 178 atlet yang sudah berjuang luar biasa sejak datang sampai selesai.

Di usia yang muda, ia menyebutkan, dedikasi mereka sungguh sangatlah luar biasa.

Arsani pun berharap kedepan mereka akan menjadi generasi atlet masa depan Indonesia.

Related Articles

Back to top button