KesehatanRagam Bangsa

Lalat Tentara Hitam, Bantu Atasi Sampah yang Menumpuk

ENERGIBANGSA.ID – Semakin banyak masyarakat maka konsumsi dan sampah akan menumpuk. Tidak jarang, masyarakat kurang peduli dengan adanya sampah padahal dampaknya sangat merugikan untuk kehidupan sehingga perlu adanya pengurangan sampah secara tepat.

Sudah banyak yang dilakukan untuk mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang atau mengubah sampah menjadi produk yang bisa digunakan. Tetapi bagaimana kalo mengurangi sampah dengan menggunakan lalat tentara hitam? Lalat Tentara Hitam yang memiliki nama lain black soldier fly atau hermetia illucens sering tinggal di daerah sampah organik apalagi cocok dengan musim tropis yang ada di Indonesia.

Pasti kalian berpikir dan merasa jijik karena takut membawa bakteri dan penyakit padahal lalat tentara hitam memiliki banyak manfaat yang masih jarang diketahui. Berikut Tim Energi Bangsa rangkumkan, manfaat yang di dapat ketika memelihara Lalat Tentara hitam adalah

Dapat mengurai sampah organik.
Ketika menjadi manggot atau larva memanfaatkan sampah sebagai sumber bahan makanannya karena di dalam tubuhnya terdapat bakteri selulotik yang dapat menghidrolisis selulosa sampah organik. Sehingga sampah organik dapat di uraikan kemudian akan menjadi kompos secara efektif dan ramah lingkungan untuk meminimalkan limbah sampah.

Dapat digunakan sebagai makanan ternak
Manggot atau larva lalat tentara hitam bisa digunakan untuk makanan hewan ternak dari ikan dan berbagai unggas karena memiliki kandungan protein tinggi yang bersih dan terbaharukan yang sangat baik untuk tumbuh kembang hewan ternak sebagai pengganti pelet. Bisa diolah menjadi manggot kering atau beku.

Bisa dijadikan bisnis baru dan mengundang profit
Lalat Tentara hitam dapat dijadikan bisnis karena cara pemeliharaan yang sangat mudah karena tidak memerlukan tempat yang besar, mudah di dapatkan, pertumbuhan yang cepat tidak memakan waktu, memiliki daya tahan yang baik, dan cocok dengan iklim tropis.


Ketika dipanen larva dan Telur memiliki hasil nilai ekonomis yang tinggi untuk dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena lalat tentara hitam ini sudah memiliki banyak peminat yang tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga luar negeri.

Perlu dihimbau bahwa lalat tentara hitam ini dapat dikonsumsi masyarakat karena produk hasil budidaya memiliki kalori yang tinggi bebas lemak, cocok untuk dikonsumsi tetapi ingat harus diternak secara higenis dengan memperhatikan pakan yang diberikan sehingga tidak akan menjadi racun untuk tubuh. Lalat ini sangat bersih dan tidak berbau apalagi tidak menimbulkan penyakit.

Bagaimana sobat energi apakah ada keinginan untuk memelihara lalat tentara hitam? Jadi dapat berbisnis sambil mengurangi persoalan mengenai sampah.

Related Articles

Back to top button