Gaya Hidup

Lakukan Tips Ini untuk Jaga Payudara Tetap Kencang

energibangsa.id — Beberapa wanita tentu saja ingin memiliki payduara yang sehat dan kencang. Namun, faktor usia menyebabkan tingkat elastisitas payudara semakin menurun.

Penurunan elastisitas tersebut membuat payudara wanita menjadi terlihat kendur. Karenanya, penting untuk merawat dan menjaga payudara agar tetap sehat dan kencang.

Kendurnya payudara memanglah normal seiring dengan bertambahnya usia. Namun, faktor-faktor lain juga bisa menyebabkan kendurnya payudara, di antaranya.

  • Menopause
  • Ukuran payudara terlalu besar
  • Kekurangan kolagen
  • Kehamilan kembar
  • Kekurangan hormon esterogen
  • Berat dan tinggi badan tak sesuai
  • Indeks massa tubuh tinggi
  • Kebiasaan merokok

Sebuah penelitian menepis mitos bahwa menyusui merupakan salah satu penyebab payudara kendur. Menyusui justru akan meregangkan jaringan di payudara.

Agar tetap kencang

Berikut ini adalah cara untuk menjaga payudara agar nampak kencang.

1.Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Pakar kesehatan percaya bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah dan sayur dapat mengurangi risiko kulit keriput dan kendur, termasuk area payudara.

Makanan sehat seperti buah dan sayur juga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan payudara.

Baiknya, mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung karotenoid, karena kedua sneyawa tersebut mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker payudara.

2.Rutin olahraga

Struktur payudara terdiri dari lemak atau jaringan kelenjar. Melatih otot-otot di sekitar payudara seperti otot bahu, dada, dan punggung dapat membuat payudara lebih kencang.

Postur tubuh bagian atas semakin mengencang dan kuat untuk menopang payudara karena pengencangan otot dada, bahu dan punggung.

Dengan berolahraga secara teratur juga bisa menurunkan produksi hormon esterogen yang dapat memicu sel kanker.

American Cancer Society merekomendasikna wanita untuk melakukan olahraga minimal 150 menit setiap minggu untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

3.Memijat Payudara

Memijat payudara dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara. Sehingga bisa memperbaiki bentuk payudara yang kendur.

Memijat payudara dengan minyak esensial tertentu, seperti minyak zaitun juga dapat membantu mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit.

4.Atur Posisi Tidur

Ternyata posisi tidur dapat memengaruhi bentuk payudara. Terlalu sering tidur dengan posisi miring membuat bentuk payudara menjadi mengendur.

Hal ini mungkin terjadi apabila dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu lama.

Posisi tidur yang aman ialah dengan posisi telentang, dimana beban payudara ditopang oleh dada sehingga bisa mempertahankan bentuk payudara tetap kencang.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kekencangan payudara. Kuncinya adalah tetap lakukan kebiasaan hidup sehat ya! Tak hanya bermanfaat untuk payudara tetapi juga bagian tubuh lainnya.

(Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button