fbpx
Ragam Bangsa

Lakukan Cara Ini Agar Kenari-mu Gacor Keras

ENERGIBANGSA.ID (Semarang)– Perawatan Burung Kenari agar berkicau dengan keras sebenarnya tidak jauh beda dengan merawat burung-burung kicau lainnya, seperti pemasteran, pemandian, dan penjemuran. Namun hal yang paling membedakan adalah ketika pemberian pakan dan extra foodingnya saja.

Burung Kenari
ilustrasi burung kenari (dok: istimewa)

Nah, bagi sobat energi yang ingin memiliki burung Kenari agar cepat gacor dalam berkicau, maka tim energibangsa.id pada kesempatan kali ini telah menghimpun beberapa tips dari berbagai sumber terkait hal tersebut. Yuk disimak dan berikut ini adalah tipsnya:

1. Berikan Biji-bijian

Pada usia 2 bulan, kamu dapat memberikan pakan berupa biji-bijian. Hal ini penting karena kenari termasuk dalam Granivoras atau burung pemakan bii-bijian. Berikan biji-bijian itu setiap hari sebagai pakan utama.

2. Berikan Dedaunan

Di alam liar, Kenari gemar sekali mengkonsumsi beberapa dedaunan. Daun yang idberikan pun tidak bisa sembarangan loh, sobat energi. Hanya beberapa dedaunan tertentu seperti, daun ginseng jawa, daun dewa, daun binahong, daun mengkudu, daun krokot.

3. Berikan Buah dan Sayur

Selain diberikan makanan utama, Kenari juga perlu diberikan makanan tambahan atau extra fooding (EF). Kenari sangat suka makanan tambahan seperti buah dan sayuran seperti, jagung muda, peterseli, apel, dan lain-lain.

4. Berikan Tulang Sotong atau Asinan

Ada beberapa jenis burung kicau yang doyan tulang sotong, antara lain ialah Lovebird, Kecer, dan Murai Batu, juga Kenari. Namun terkadang pemilik kenari suka mengabaikan manfaat tulang sotong. Sehinga tidak memberikan pada kenari, padahal tulang sotong memberikan banyak sekali manfaat bagi kenari. Tulang sotong mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi, sehingga sangat berguna menjaga kesehatan Kenari.

5. Jaga Kebersihan Kandang

Bersihkanlah kandang Kenari secara rutin, jangan sampai kotoran menumpuk di sangar ya. Karena terkadang makanan Kenari berceceran dan bercampur bersama kotoran Kenari, dan jika dimakan akan menjadi berbahaya. Berbagai macam bakteri dan parasit akan mengancam kesehatan Kenari. Sangkar yang bersih akan membuat Kenari rajin berkicau.

6. Mandikan Kenari di Pagi Hari

Memandikan burung menjadi salah satu aktivitas rutin untuk merawat burung, waktu yang tepat untuk memandikan adalah pagi hari setelah matahari terbit. Dengan memandikannya secara rutin, maka Kenari selalu dalam keadaan yang bersih, hal ini membuat Kenari tetap bersih dan sehat. Cara yang pertama untuk memandikan Kenari adalah dengan menyediakan wadah khusus berisi air, kemudia dimasukkan dalam sangkar, dan biarkan si Kenari mandi sendiri. Cara yang kedua dengan menyemprot Kenari menggunakan hand sprayer.

7. Jemur Kenari di Pagi dan Sore Hari

Jangan lupa untuk menjemur Kenari. Waktu yang baik untuk menhemur Kenari adalah di pagi dan sore hari. Untuk pagi hari dapat dilakukan setelah burung dimandikan. Karena jika lebih dari waktu itu matahari sudah panas-panasnya dan berbahaya bagi Kenari. Jika cuaca bagus juga bisa menjemur di sore hari. Jemur Kenari tidak lebih dari 30 menit ya Sobat Energi.

8. Lakukan Pemasteran

Salah satu perawatan yang tidak boleh terlewat adalah memaster burung Kenari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar melatih kicauan Kenari. Yang pertama dengan menggunakan suara rekaman (MP3), atau didekatkan degan burung asli. Waktu yang baik untuk melakukan pemasteran adalah siang, sore, dan malam hari. Apabila menggunakan MP3 untuk pemasteran pastikan suara yang digunakan pelan-pelan saja tapi tetap terdengar, agar hasilnya lebih maksimal. Lakukan minimal 2 hingga 3 jam sehari.

9.  Berikan Multivitamn

Terkadang makanan saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Kenari. Maka dari itu, dibutuhkan asupan vitamin tambahan agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. Salah satu caranya adalah dengan memberikan multivitamin. Pemberian multivitamin biasanya 2 sampai 3 kali seminggu. Tipsnya adalah mencampurkan multivitamin dengan minuman.

10. Racikan Makanan Khusus Kenari

Racikan makanan buatan sendiri dapat membantu untuk lebih mengetahui kebutuhan gizi dari Kenari.

Berikut ini adalah bahan untuk meracik makanan untuk Kenari : 1 sendok teh poppy seed atau finger seed (biji tanaman opium),  sendok teh madu asli, 1 sendok teh mentega, 1 butir telur puyuh rebus, 1 iris biskuit bayi. Selanjutnya, apabila bahan sudah siap, aduk semua bahan dalam satu wadah hingga semua rata, setelah tercampur rata makanan racikan segera bisa disajikan untuk Kenari. Berikan makanan racikan ini seminggu sekali saja.

11. Ramuan Jamu

Untuk membuat jamu bagi Kenari dibuthkan bahan seperti, 3 butir multivitamin (Natur-E), 10 butir minyak ikan, 4 sendok teh madu asli, 2 butir kuning telur ayam mentah, 3 ruas kunyit ukuran sedang, 1 ruas jahe ukuran besar, 1 Kg pakan biji-bijian khusus Kenari.

Setelah itu campurkan semua bahan  hingga merata, lalu biarkan campuran itu mengering dengan cara dijemur atau didiamkan saja.

Berikan jamu itu pada Kenari di waktu-waktu tertentu saja, misal saat cuaca sedang tidak menentu.

Baca Juga : Ikuti Pameran Budaya Internasional di Beijing, Wonderful Indonesia Dihadirkan

Sobat Energi, itu tadi cara-cara untuk merawat burung Kenari agar tetap gacor dalam waktu yang cepat.

Lakukan dengan konsisten perawatan-perawatan untuk Burung Kenari itu ya, selain akan membuat Kenari mu sehat, dia akan berkicau dengan gacooor! (Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button