Opini / Gagasan

Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Mengelola Keuanganmu Menjadi Sistematis

Oleh : Septiana Eka Pratiwi

ENERGIBANGSA.ID  ̶  Mengelola keuangan pribadi yang baik serta sistematis sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Hanya saja, orang kesulitan dan belum memiliki pengalaman dalam mengatur keuangannya tersebut, terutama untuk yang baru masuk di dunia kerja.

Kesulitan keuangan bukan hanya fungsi dari pendapatan semata.

Kesulitan keuangan juga bisa tumbuh jika terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang menyebabkan stres serta rendahnya kepercayaan diri.

Adanya pengetahuan pengelolaan keuangan akan membantu anda dalam mengatur perencanaan keuangan pribadi, sehingga anda bisa memaksimalkan nilai waktu uang serta keuntungan yang diperoleh semakin besar dan akan meningkatkan taraf kehidupan.

7 (tujuh) hal yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan anda menjadi sistematis :

1. Siapkan Anggaran Keuangan

Dalam memulai menemukan cara yang mudah dilakukan, anda bisa mulai menyiapkan anggaran keuangan.

Pengelolaan anggaran sangat penting dilakukan agar bisa mengendalikan pengeluaran serta mencapai pengelolaan keuangan yang baik.

Anggaran keuangan adalah ringkasan yang membandingkan pendapatan serta pengeluaran yang dibutuhkan, contohnya mulai dari biaya sewa dan asuransi serta pengeluaran seperti hiburan, fashion serta makan.

2. Menabung 

Menabung merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang terbukti ampuh.

Siapa saja sangat disarankan untuk menabung bahkan sejak masih anak-anak.

Menabung adalah kebiasaan baik yang harus diterapkan serta dilestarikan di masyarakat, karena manfaatnya berguna untuk masa depan yang lebih tertata serta bahkan untuk masa yang akan datang.

3. Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Tulis semua daftar pengeluaran anda selama sebulan. Anda juga bisa menggunakan laporan bank, kwitansi, serta laporan kartu kredit dari tiga bulan terakhir untuk mengetahui semua pengeluaran.

4. Hindari Pinjaman

Pinjaman merupakan salah satu kendala dalam mengelola keuangan yang baik. Anda harus menyisihkan penghasilan anda untuk mengalokasikan dalam membayar tagihan setiap bulannya.

Demi untuk bisa mengelola keuangan yang baik anda harus menyelesaikan segala bentuk pinjaman yang sedang ada miliki.

Penyelesaian pinjaman ini bisa jadi langkah awal dalam mengelola keuangan yang baik di masa depan.

5. Atur Anggaran Sesuai Prioritas

Anggaran sesuai prioritas sebagai salah satu cara mengelola keuangan akan memudahkan anda untuk memisahkan kebutuhan dan keinginan. Anda bisa membagi prioritas kebutuhan dalam anggaran anda sesuai dengan waktu yang dibutuhkan.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari yang sifatnya per bulan hingga di masa yang lebih panjang lagi, contohnya menyiapkan dana demi membeli tempat tinggal atau untuk membuka usaha.

6. Mempunyai Bayangan Kehidupan di Masa Depan

Selain dalam kegiatan mengelola keuangan yang baik, ternyata membayangkan atau memiliki impian yang jelas juga bisa membantu Anda memotivasi untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat.

Cara mengelola keuangan satu ini berasal dari keinginan anda tentang kehidupan yang ideal yang ingin diwujudkan, maka kekuatan dari impian dapat mempengaruhi kebiasaan Anda dalam mengelola keuangan yang baik.

7. Investasi

Investasi merupakan hal yang sangat berperan penting untuk menghadirkan keuangan yang kuat.

Cara mengelola keuangan dengan mengalokasikan dana ke dalam sebuah investasi tidak hanya menjaga kondisi keuangan yang baik tetapi juga membawa keuntungan kondisi keuangan Anda bertambah kuat seiring waktu.

Itu tadi informasi yang bisa saya bagikan kepada anda dalam mengelola keuangan menjadi sistematis.

Semoga artikel yang saya berikan kali ini bermanfaat untuk Anda semua!

  *Septiana Eka Pratiwi, Mahasiswi FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button