fbpx
Kabar Indonesia

Laksanakan Amanah Habib Luthfi, Mawahib Merajut Kebhinekaan di Kudus

KUDUS, energibangsa.id – Habib Muhammad Luthfi bin Yahya mendirikan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pecinta Tanah Air Indonesia, yang disebut dengan Petanesia.

Habib yang juga ulama nusantara ini menyebut bahwa ormas tersebut murni gerakan kebangsaan, dan semata-mata mendukung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Petanesia ormas gerakan kebangsaan untuk mendukung keutuhan NKRI. Bukan organisasi politik dan jangan sekali-kali terpengaruh urusan politik,” tegas Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman) ini.

Ditunjuk Tim DPP Arahan Habib Luthfi

Mawahib Afkar, anggota Komisi E DPRD Jateng Fraksi Partai Golkar, ditunjuk tim DPP Petanesia arahan Habib Luthfy untuk menjadi Ketua caretaker pembentukan pengurus DPC Petanesia di Kabupaten Kudus.

Saat dihubungi tim energibangsa.id, Mawahib yang juga merupakan Pengurus Wilayah GP Ansor Jateng itu menyebut bahwa perintah Maulana Habib adalah petunjuk.

Laksanakan Amanah Habib Luthfi, Mawahib Merajut Kebhinekaan di Kudus
H. Mawahib Afkwar saat didawuhi Maulana Habib Luthfy (doc istimewa)

“saya ditunjuk oleh tim DPP Petanesia menjadi Ketua caretaker pembentukan DPC Petanesia di Kudus, Kudus ini penting ya, karena Kudus ini adalah simbol toleransi ajaran kanjeng Sunan Kudus, di sini pula bukti akulturasi budaya dan perdamaian dalam beragama, berbangsa, dan bertanah air,” terangnya.

Di sisi lain, banyak pihak menilai bahwa Mawahib Afkar, yang juga merupakan Ketua Zahir Mania Kudus itu memang layak mengemban tugas sebagai pemersatu ummat di Kudus.

Disinggung mengenai hal itu, Mawahib memilih merendah dan menjelaskan bahwa semua ini karena kerjasama dengan berbagai pihak yang turut serta membantunya.

“saya meminta Dr. Abdul Jalil, M.E.I, untuk menjadi Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPC Petanesia Kabupaten Kudus, sembari juga menggandeng berbagai macam golongan untuk tujuan yang sama, yakni merajut kebhinekaan di Kudus,” jelasnya.

Dewan Fatwa Kebangsaan Petanesia Kudus

Mawahib Afkwar menyebut tugasnya membentuk DPC Petanesia Kabupaten Kudus dibantu oleh penguru FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Kabupaten Kudus.

“dalam penunjukkan pengurus DPC Petanesia Kudus ini, sebagai ketua caretaker, saya bersama tim dibantu oleh teman-teman di FKUB, terutama Dr. H. Ihsan,” pungkasnya.

Sesuai hasil musyawarah, ditunjuklah Dr. Abdul Jalil, M.E.I sebagai Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPC Petanesia Kabupaten Kudus, dan H. Mawahib Afkwar sebagai sekretaris Dewan Fatwa Kebangsaan Petanesia.

Struktur Pengurus DPC Petanesia Kabupaten Kudus

Adapun susunan Pengurus DPC Petanesia Kudus adalah sebagai berikut :

Ketua : KH. M. Alamul Yaqin, MH

Wakil Ketua I : Velerie Yudistira Pramudya

Wakil Ketua II : Didik H.S.SE

Sekretaris : HM. Sarmanto Hasyim, S.Pd.I

Wakil Sekretaris I : Ngadimin, S.Pd.I

Wakil Sekretaris II : Saifudin Bachri, S.Pd.I

Bendahara : Dr. H. Noor Hadi, MH.

Wakil Bendahara I : Muhammad Ahlal Ariz

Wakil Bendahara II : H. Ahmad Sofyan, S.Pi

Petanesia jadi Gerakan Moral

Habib Luthfi menyebut, hal yang lebih utama adalah menjadi netral yang mampu mengayomi, menjadi teladan untuk kepentingan umat dan bangsa.

Laksanakan Amanah Habib Luthfi, Mawahib Merajut Kebhinekaan di Kudus
H. Mawahib Afkar saat melakukan kunjungan di salah satu gereja di Kudus, sebagai bentuk merajut kebhinekaan di Kabupaten Kudus (doc pribadi)

“Petanesia hadir untuk gerakan moral yang bisa mengayomi dan menjadi teladan untuk kepentingan umat dan bangsa Indonesia tercinta,” ujarnya.

Semoga Petanesia ini menjadi salah satu energi bangsa yang menyatukan berbagai elemen bangsa ini ya, sobat energi. (yab/EB)

Related Articles

Back to top button