Aplikasi Banjir
Salah satu contoh aplikasi bencana banjir. (dok jalantikus.com)
Energi MudaKita IndonesiaLifeMobileNewsTech

Mengenal L-Flood, Pendeteksi Banjir Karya Politeknik Negeri Surabaya

0

ENERGIBANGSA.ID – Seperti yang kita ketahui beberapa wilayah di Indonesia mendapat predikat sebagai  daerah yang rawan banjir. Selain itu sering kali kita tak mampu memperkirakan kapan banjir itu datang. Atau kita terkadang mengalami bencana banjir yang datang tiba-tiba.

Namun sobat energi, saat ini semua itu dapat diantisipasi dengan apalikasi berbasis andoid yang dapat memberi peringatan dan tanggap darurat bencana ketika banjir melanda.

Adalah L-Flood, aplikasi berbasis andorid yang merupakan sistem informasi peringatan dan tanggap darurat bencana banjir di Bojonegoro, Jawa Timur. Aplikasi ini dikembangkan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Surabaya (PENS), R. Surahutomo Aziz Pranada bersama teman-temannya di Developer Student Clubs PENS (DSC PENS). Dana dan timnya membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk mengembangkan aplikasi tersebut hingga dapat dipresentasikan kepada warga Bojonegoro.

Sebagaimana tim energibangsa.id kutip dari tempo.co, bedasarkan keterangan tertulis, Rabu (26/6), aplikasi L-Flood memiliki beberapa fitur utama. Fitur-fitur tersebut meliputi, pertama alarm pemberitahuan akan terjadinya banjir dengan 3 skala prioritas bahaya yang akan di sampaikan langsung ke seluruh handphone penduduk di Bojonegoro.

Fitur selanjutnya, dengan L-Flood, pengguna dapat melihat lokasi dari berbagai posko pengungsian serta panduan rute menuju posko dengan cepat dan aman. Selain itu pengguna juga dapat melihat status dari masing-masing posko, seperti kapasitas, kouta penduduk saat itu, jarak, stok makanan dan minuman.

“Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu penduduk di Bojonegoro menghadapi bencana banjir yang sering terjadi, saolnya kota tersebut dilintasi salah satu sungai terbesar dan terpanjang di pulau Jawa yaitu Sungai Bengawan Solo,” terang Surahutomo yang akrab dipanggil Dana.

Aplikasi L-Flood hingga saat ini masih terus dikembangkan oleh dana dan timnya. Kendati demikian aplikasi tersebut sudah dapat diunduh secara gratis di Google Play Store sejak 1 April 2019.

Sobat energibangsa.id gimana nih pendapat kalian?. Aplikasi L-Flood keren kan. Kalian sudah mencoba mengunduhnya belum?. Ayo buruan diunduh dan berikan support untuk aplikasi-aplikasi bikinan anak negeri.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Pemerintah Fokus Bangun Kualitas Sumber Daya Manusia Hingga 2024

Previous article

Song Joong Ki, Konsumsi Makanan Ini Saat Patah Hati

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Energi Muda