fbpx
Ekonomi & Bisnis

Kunjungi BUMDES Mulyo Mandiri, Bupati Dico: Jadi, Cintai Produk Kendal!

KENDAL, energibangsa.id—Sinergitas antara pemerintah dan swasta melalui CSR adalah cara mengembangkan kemandirian perekonomian masyarakat.

Hal itu dikatakan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, saat mengunjungi pelatihan keterampilan menganyam yang dilaksanakan BUMDES Mulyo Mandiri di Balai Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Minggu (21/03/2021) lalu.

“Bersama istri saya @chafrederica, hari ini mereview langsung hasil karya masyarakat yang langsung dibina oleh perusahaan furniture PT. INIZIO yang beralamat di Kaliwungu, “ tulis caption akun Instagram @dicoganinduto.dll.

Seperti dikabarkan, BUMDES Mulyo Mandiri Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan menggelar pelatihan keterampilan menganyam dengan diikuti puluhan peserta.

Berkwalitas ekspor

“Ternyata, produk Kendal sudah menembus pasar internasional loh. Hal ini terbukti dari produk furnitur PT INIZIO sudah di ekspor ke berbagai negara antara lain Spanyol, Jerman, Belgia, Australia, Kanada, Swiss, Mexico, Amerika, dan Dubai, “terangnya.

“Hebatnya lagi, produk furnitur ini menggunakan bahan olahan limbah plastik dan limbah kayu, jadi sudah tentu ikut berpartisipasi dalam mengurangi permasalahan sampah selama ini, “ ujarnya.

Sementara itu, Ketua BUMDES Mulyo Mandiri Desa Protomulyo Misbakhun mengatakan, pelatihan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Protomulyo dengan PT. Inizio yang bergerak di bidang pembuatan anyaman.

Kunjungi BUMDES Mulyo Mandiri, Bupati Dico: Jadi, Cintai Produk Kendal!
Peserta saat mengikuti pelatihan kerajinan anyaman rotan pada BUMDES Mulyo Mandiri Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan, Kendal, Minggu (21/3/2021)

Berbahan baku rotan

“Seperti tempat lampu, kursi, meja, tas, topi, dan masih banyak lagi lainnya dengan menggunakan bahan baku seperti rotan, aluminium, dan plastik sintetis,” kata dia.

Misbakhun juga menyebut, para peserta pelatihan akan difasilitasi alat untuk dapat memproduksi anyaman di rumahnya masing-masing.

“Sehingga, masyarakat akan mendapatkan ekonomi tambahan,” sambungnya.

Dico saat kunjungan didampingi istri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kendal sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Kendal.

Selain itu, ia juga didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi.

Bahkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wahyu Hidayat, juga hadir pada kesempatan itu. (*)

Related Articles

Back to top button