fbpx
Nasional

Badan Kehormatan DPRD Jabar Bahas Kedisiplinan di Gedung Berlian, “Mertamu?”

SEMARANG, energibangsa.id—Persoalan kedisiplinan Anggota Dewan menjadi pembahasan utama saat Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jateng berdiskusi dengan BK DPRD Provinsi Jabar, Rabu (24/3/2021).

Diskusi yang berlangsung di Ruang Rapim Lantai 1 Gedung Berlian, Ketua BK DPRD Provinsi Jabar Hasbullah Rahmad menanyakan soal upaya-upaya peningkatan kedisiplinan Anggota DPRD.

“Di sini, kami ingin membahas tentang Kode Etik DPRD. Karena BK hadir untuk rangka menjaga marwah DPRD, ”kata Hasbullah.

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan upaya untuk memacu peningkatan kedisiplinan dengan menggelar BK Jabar Award 2020.

“Jika kita bisa menyatukan persepsi (soal kedisiplinan) BK se-Indonesia dan menurunkannya ke tingkat provinsi, maka kita dapat memberikan contoh bagi Anggota Dewan mengenai kedisiplinan,” ucapnya .

Mendengar hal itu, Ketua BK DPRD Provinsi Jateng Stephanus Sukirno mengaku sependapat bahwa disiplin Anggota Dewan perlu diterapkan.

Ia juga menyatakan bahwa musyawarah merupakan wujud kebersamaan di kalangan dewan.

Problem kedisiplinan

Dari musyawarah itu, maka masalah yang berkaitan dengan kedisiplinan bisa dibicarakan/ diterapkan bersama.

“Soal BK Award, kami sudah lebih dulu melaksanakannya pada 2019 lalu dan itu merupakan hal yang bagus. Pelayanan (BK Award) nya, dapat dilakukan dari sejumlah kalangan seperti kalangan akademisi, ”kata Politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara, Anggota BK DPRD Provinsi Jateng Sofwan Sumadi mengaku peningkatan kedisiplinan di kalangan dewan perlu dilakukan.

“Di sini, kami juga berharap tidak ada Anggota Dewan yang bermasalah,” ucap legislator dari Fraksi PAN itu. (*)

Related Articles

Back to top button