Nasional

Kuatkan Komitmen Kerukunan, FKUB Jateng Luncurkan Piagam Watugong

SEMARANG, energibangsa.id —Sebagai bentuk implementasi perdamaian antar umat beragam serta kepercayaan, FKUB Provinsi Jawa Tengah bersama 43 elemen keagamaan dan kepercayaan menandatangani Piagam Watugong. Penandatangan itu dilakukan di Vihara Budhagaya, Banyumanik Semarang, Sabtu (10/10) kemarin.

Piagam Watugong berisi tiga rumusan dasar yang telah disepakati. Pertama, berisi penguatan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua, penguatan moderasi beragama kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dan, ketiga, menguatkan toleransi serta silaturahmi kebangsaan.

Tekat bersama

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah, H. Taslim Syahlan dalam sambutannya menjelaskan bahwa organisasi atau lembaga yang datang adalah mereka (baca: organisasi atau lembaga) yang telah membulatkan tekat untuk bersama-sama dalam forum kerukunan beragama.

Penandatanganan Piagam Watugong oleh delegasi yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah, di Vihara Budhagaya Watugong Pudakpayung Semarang, Sabtu (10/10). Foto: Setyawan

“Bapak, ibu yang kita undang adalah (perwakilan) lembaga-lembaga, mejelis agama, organisasi, forum yang telah membulatkan tekat untuk bersama-sama kita semua (dalam) Forum Kerukunan Umat Beragama Jawa Tengah”, ujar Taslim.

“Ini berawal dari kebersamaan FKUB Jateng, bersama Permabudi, JAI, HFI, PMKRI, PGIW dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Lalu, kita buat kegiatan dengan tujuan memperkuat silaturahmi kebangsaan di tengah pandemi Covid-19 sekaligus berbagi”, jelas Taslim seraya membeberkan ikhwal terbentuknya Piagam Watugong.

Lebih lanjut, Taslim juga menyampaikan pentingnya kerjasama untuk merawat kerukunan serta percaya pada Tuhan Yang Maha Esa.

“Hari ini, bersama kyai, biksu, bhante, pendeta dan lain sebagainya, kami sampaikan bahwa bangsa ini ke depan harus bersama-sama merawat, merajut, menjadi perekat bagi umat beragama. Serta, percaya pada Tuhan Yang Maha Esa”, tuturnya.  

Setelah sambutan Ketua FKUB Jawa Tengah, H.Taslim Sahlan, acara selanjutnya yaitu penandatangan Piagam Watugong oleh seluruh peserta yang hadir. Seluruh tamu undangan juga dihibur pertunjukan wayang potehi yaitu kesenian wayang yang berasal dari Tiongkok yang tampil di sela-sela waktu istirahat (Laporan: Setyawan).

Related Articles

Back to top button