fbpx
Kabar Daerah

Dibutuhkan 2.570 Guru SD & SMP di Kota Semarang, Daftar Yuk!

SEMARANG, energibangsa.id – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang mencatat bahwa Kota Semarang membutuhkan sebanyak 2.570 guru untuk diangkat menjadi tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Baik bagi guru mata pelajaran (Mapel) maupun guru kelas.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati, mengatakan, sebenarnya Aparatur Sipil Negara (ASN) terbagi menjadi dua kategori yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dua-duanya memiliki nomer induk kepegawaian dan semuanya diakui. Hanya saja untuk ke depannya, saat rekrutmen CPNS bagi guru ditiadakan.

Maka tenaga guru yang akan diangkat PPPK diutamakan diambil dari guru-guru tenaga kontrak atau honorer.

”Tenaga guru di Dinas Pendidikan Kota Semarang yang sudah terdaftar serta mengajar, kami sudah punya datanya. Jadi kalau nantinya ada pembukaan lowongan guru bagi tenaga PPPK, tidak perlu lagi membuka dari umum,” ujar dia, saat ditemui di kantornya, Selasa (5/1).

Adapun jumlah 2.570 guru tersebut terdiri atas 2.269 guru mapel dan guru kelas untuk SD dan SMP di Kota Semarang. Jumlah tersebut belum termasuk untuk guru agama, baik agama Islam, Kristen, Hindu dan lain-lainnya yang diperkirakan membutuhkan hingga 351 orang.

”Namun, kami belum mengetahui Kota Semarang akan mendapatkan kuota berapa untuk mengisi formasi guru PPPK tersebut. Pengangkatan guru yang menjadi PPPK tentunya lebih baik, jika dibandingkan dirinya hanya berstatus tenaga kontrak atau honorer yang merupakan kategori non ASN,” papar dia.

Perbedaan PPPK dengan PNS

Sementara itu, Analis Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur di BKPP Kota Semarang, Akbar Indra Prkasa, mengungkapkan, jika PNS memiliki tunjangan pensiun yang dipotong tiap bulannya dari gaji perorangan.

Perbedaaannya dengan PPPK, mereka diberikan gaji penuh tanpa ada potongan dana pensiun. Hal itu karena memang nantinya tidak ada dana pensiun yang diberikan kepada tenaga PPPK.

”Rencana rekrutmen tenaga PPPK di 2021, sementar akan diberlakukan bagi profesi guru terlebih dulu. Walaupun begitu, Pemkot Semarang pernah menyelenggarakan Seleksi PPPK tahap I bagi tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian pada 2019,” pungkas Akbar. (*)

Related Articles

Back to top button