fbpx
Kabar Daerah

Kota Semarang Kembangkan Aplikasi STRONG, Guna Penanganan Dini Penyebaran Covid-19

SEMARANG, Energibangsa.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Mochammad Abdul Hakam melaporkan kenaikan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 menjadii 13.812 dengan total 470 kasus yang masih mendapat perawatan, 818 kasus meninggal, dan merupakan angka yang tertinggi di Provinsi Jawa Tengah.

Upaya penanganan dilakukan oleh Dinkes Kota Semarang dengan mengembangkan sebuah aplikasi bernama STRONG (Integrasi Data Warehouse Penanganan Covid-19 Kota Semarang).

Aplikasi ini nantinya akan memantau perkembangan kasus Covid-19 serta melakukan pengelolaan data penanganan Covid-19 berbasis ICT.

Aplikasi yang sudah dapat beroperasi pada Maret 2020 ini terdiri dari Sistem Info Covid-19, Aplikasi Covid-19, Sistem WA Blast, Aplikasi Si Datang dan Sisca (Self Isolation Corona Assisten Kota Semarang) yang terintegrasi serta dapat diakses di website Dinkes.

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah serta mempercepat pengendalian penyebaran virus Covid-19 di Kota Semarang.

Dengan memetakan daerah-daerah yang terdapat kasus Covid-19 aktif, serta sekaligus melakukan monitoring serta evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan setiap hari.

Nantinya pemetaan daerah tersebut digambarkan dengan gradasi warna. Warna merah untuk daerah dengan jumlah kasus tinggi, sedangkan warna putih untuk daerah dengan kasus nol.

Apabila pada satu RW terdapat 3 kasus terkonfirmasi positif, maka akan dilakukan lock down total untuk daerah tersebut. Guna merespon tingginya angka kenaikan kasus di Kota Semarang.

Dinkes juga melakukan upaya-upaya penanganan dengan menggandeng stakeholder seperti satgas kelurahan dan tentunya melibatkan partisipasi warga sekitar lewat program Jogo Tonggo. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button