fbpx
Pendidikan

Kota Semarang Juara Umum LKS SMK, Tak Main-main Raih Tujuh Emas!

SEMARANG, energibangsa.id— Kota Semarang berhasil menjadi juara umum dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Jateng ke XXIX tahun 2021 selama 6 hari (16-18/3 dan 23-25/3).

Radar Semarang merilis, dari 41 mata lomba, Kota Semarang berhasil meraih 7 emas, 3 silver dan 1 bronze.

Diikuti 765 kontingen

Dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Jateng Samiran menjelaskan, LKS SMK kali ini diikuti 765 kontingen dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

Melibatkan 125 juri dan 49 teknisi. Tempat lomba di sekolah masing-masing dan penjurian dilakukan di Hotel MG Setos Kota Semarang.

“Hadiah yang diberikan berupa medali, piala bergilir, piagam dan uang pembinaan. Sedangkan juara pertama, akan maju ke tingkat nasional,” jelasnya.

Mengetahui hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Padmaningrum mengharapkan para pemenang bisa mewakili Jateng ke kancah nasional.

Bahkan, bisa membawa nama harum Jateng di kancah internasional melalui world skill international.

Pemenang bisa langsung kerja

“Biasanya siswa yang berhasil memenangkan lomba, langsung mendapatkan diterima kerja di perusahaan multinasional. Kami harapkan ini menginspirasi siswa lainnya,” tuturnya.

Dia jelaskan, lomba di tahun 2021 ini terpaksa dilakukan secara daring karena kondisi pandemi Covid-19. Sedangkan tahun 2020 lalu, masih luring karena digelar sebelum pandemi.

“Meski daring, tak mengurangi kualitas peserta lomba dan hasil penjurian. Bahkan, siswa SMK justru semakin mandiri saat lomba. Itu terlihat dari sorot kamera,” katanya.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Asep Sukmayadi menyebut LKS SMK ini sebagai bentuk perhatian untuk tetap memperhatikan prestasi peserta didik di tengah pandemi Covid-19.

Ia berharap, generasi muda memiliki semangat dan jiwa pantang menyerah dan tetap kreatif. (dd)

Related Articles

Back to top button