fbpx
Daerah

Kota Malang Sediakan Fasilitas WiFi Gratis Untuk Pelajar

ENERGIBANGSA.ID (Malang) – Walikota Malang, Sutiaji mendorong para siswa untuk memanfaatkan Wi-Fi gratis guna melaksanakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Fasilitas tersebut tersedia di sejumlah kelurahan di Kota Malang.

“Kelurahan sudah ada Wi-Fi gratis, dan bandwith-nya tinggi, itu dimanfaatkan. Para siswa boleh menggunakan Wi-Fi di kelurahan dan kita sudah minta,” ucap Sutaiji  di Balai Kota Malang, Senin (24/8)

Selain itu, Pemerintah kota (Pemkot) Malang juga mengupayakan agar Biaya Operasional Sekolah (BOS) berupa pulsa internet untuk siswa juga diberikan. Wacana ini akan diperkuat dengan rencana pertemuan dengan para kepala sekolah.

Sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bahwa pemerintah daerah harus mengalokasikan dana untuk pembelian paket internet.

Rencananya setiap pelajar akan dapat pulsa internet sebesar Rp. 50 ribu. Ia berharap besaran tersebut bisa digunakan secara maksimal hanya untuk kebutuhan belajar.

“Kadang-kadang kalau untuk belajar itu cukup untuk satu bulan, tapi kadang untuk youtube dan lainnya, itu yang mengawasi orang tuanya. Kalau paket sekedar hanya untuk belajar itu mungkin bisa,” kata Sutiaji sebagaimana dikutip dari republika.com

Sebelumnya, Lurah Bandulan, Dian Sonyalia Catur Rina juga telah menyiapkan fasilitas Wi-Fi gratis di aula kantor kelurahan Bandulan.

Seperti informasi yang didapat tim energibangsa.id, tiap sesi diisi oleh 10 orang pelajar selama 2 jam. Layanan ini akan dibuka setiap Senin sampai Jumat pada pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Menurutnya, program Wi-Fi gratis ini muncul karena adanya keluhan dari warga sekitar. Warga mengeluhkan kesulitan membeli kuota internet untuk keperluan belajar daring.

Parahnya, ada laporan bahwa seorang warga berniat menjual barangnya demi membeli kuota internet. “Semoga upaya kami ini mampu meringankan beban warga khususnya di Kelurahan Bandulan,” jelasnya. (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button