fbpx
Kabar Daerah

Konferwil II Jateng Sukses Digelar, Ajak Sebarkan Informasi Anti-Hoaks

SEMARANG, Energibangsa.id – Asosiasi Media Siber Indonesia tingkat Provinsi Jawa Tengah baru saja menggelar Konferensi Wilayah untuk kedua kalinya pada tanggal hari Sabtu (28/11/2020).

Bertempat di Hotel Pesona Semarang, acara ini diikuti oleh 22 media siber berbadan hukum dan terverifikasi oleh Dewan Pres.

Dibuka oleh Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto bersama Ketua Dewan Penasehat AMSI Sapto Anggoro dan Ketua AMSI Provinsi Jawa Timur Arif Rahman.

“Masyarakat itu butuh media yang bertanggung jawab. AMSI mempunyai tanggung jawabn menyajikan informasi yang bertanggung jawab di ruang publik. Ini momentum yang baik bagi anggota AMSI untuk berlari kencang, menjadi pers yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Suwarmin selaku Ketua AMSI Jateng.

Berfokus kepada critical thinking atau kebenaran sebuah informasi untuk menangkal hoaks, disuguhkan pula data penetrasi pengguna internet Indonesia yang mencapai 73,7% atau sekitar 196, juta jiwa dengan angka pertumbuhan per tahunnya naik mencapai 8,9% atau 25 juta.

Melalui virtual, Gubernur Ganjar Pranowo memberikan sambutan dan memberikan harapan agar segala informasi yang disajikan anggota AMSI semoga bermanfaat bagi masyarakat.

Dibuka dengan prosesi pemukulan gong oleh Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto. Beliau menegaskan bahwa informasi secara masif dengan mudah masuk ke dunia media sosial, begitu pula informasi yang mengandung hoaks dengan mudah menyebar.

“Sekarang ini dengan jempol saja sebuah informasi yang belum tentu benar bisa begitu cepatnya disebarkan, hanya dengan jempol saja bisa melanggar hukum, bisa menimbulkan situasi yang tidak kondusif. Nah, media siber ini mempunyai peran besar untuk melawan berita-berita bohong. Wartawanya bekerja dengan sesuai kode etik jurnalistik. Saya berharap media siber di Jateng ini ikut berperan aktif dengan tetap menjaga kualitas dan berperan dalam kepentingan nasional,” ujar Bambang. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button