fbpx
Kabar Daerah

Komunitas di Wonosobo Ikuti Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

WONOSOBO, energibangsa.id – Sejumlah komunitas yang ada di Wonosobo bergabung untuk mengikuti wawasan kebangsaan dan bela negara yang diselenggarakan di Kodim 0707/Wonosobo. Komunitas yang tergabung yaitu Wonosobo Green Community, Ikatan Vespa Wonosobo, Ikatan Penggemar Sepeda Onthel (IPSO) dan Komunitas Jurnaslis Wonosobo (KJW).

Hal ini dikarenakan bela negara merupakan kekuatan bangsa untuk bisa menjaga keutuhan, kedaulatan dan kelangsungan hidup bernegara. Tak hanya tugas TNI saja melainkan menjadi tugas semua warga negara Idonesia untuk memiliki wawasan kebangsaan dan membela negaranya sendiri.

Kewajiban setiap warga negara

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0707/Wonosobo, Mayor Caj Henry Handoko mengatakan, bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia. Menurutnya, bela negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Indonesia merupakan negara kesatuan dimana memiliki  banyak keberagaman. Namun dengan adanya keberagaman ini diharapkan masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai antar sesama.

Dilansir dari AntaraJateng, Kasdim Wonosobo mengingatkan agar di dalam masyarakat harus bisa hidup saling berdampingan, bersosial dan bergotong-royong sehingga akan terjalin ikatan yang kuat. Dengan begitu akan tercipta keharmonisan dan kerukunan antar sesama.

Dimulai dari sejumlah komunitas di Wonsobo yang bergabung dalam acara ini, diharapkan bisa menjaga keamanan dengan saling hidup guyup rukun, bergotong royong, bersosial kemasyarakatan untuk hidup yang lebih baik. (*)  

Related Articles

Back to top button