fbpx
Nasional

Komisi D DPRD Jateng ‘Ngluruk’ Kunjungan Ke Jogja, Ingin Rintis Desa Wisata ala Kali Kuning di Jateng

SEMARANG, energibangsa.id—Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri mengapresiasi kesadaran masyarakat, khususnya karang taruna, yang melakukan gerakan pelestarian lingkungan dan menjaga keberadaan sungai.

Hal itu disampaikan dalam kunjungan lapangan DPRD Jateng di lokasi rintisan Desa Wisata Kali Kuning (Wisata Dewi Kalkun) yang dikelola Karang Taruna Parikesit, di Dukuh Sempu, Desa Wedomartani, Kecamatan (Kapanewon) Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (15/1/2021) pekan lalu.

Alwin menilai, pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat tersebut bisa diadaptasi di Jawa Tengah. Dengan membuat gerakan dengan melibatkan pemuda setempat serta tokoh masyarakat.

“Jadi menjaga lingkungan itu bukan semata tanggung jawab pemerintah, tapi juga masyarakat sekitar,” ungkap anggota Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Rombongan terdiri dari anggota Komisi D DPRD Jateng, pimpinan dan staf Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng.

Turut hadir staf kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Kunjungan lapangan yang terkesan santai dan jauh dari seremonial tersebut, dilaksanakan dalam rangka menggodok Raperda Perlindungan dan Pelestarian Lingkingan Jawa Tengah.

Adapun kunjungan difokuskan di lokasi Kali Kuning Sempu, Wedomartani, yang sedang merintis desa wisata berbasis pelestarian sungai. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button