fbpx
PendidikanTeknologi

Kolaborasi, SMK Swadaya Semarang Perkenalkan Marketplace Bengkel Online Pertama di Indonesia

ENERGIBANGSA.ID, Semarang – SMK Swadaya Semarang, yang merupakan anggota dari organisasi AGMARI (Asosiasi Guru Marketing Indonesia) semakin membuktikan semangatnya untuk mewujudkan kemajuan serta profesionalisme guru Pemasaran di bidang Bisnis Online dan Marketing.

SMK Swadaya Semarang bekerjasama dengan studio.energibangsa.id memperkenalkan sebuah platform marketplace tambal ban dan bengkel online pertama di Indonesia, berbasis mobile android dan IOS.

Aplikasi itu diberi nama Maxiaga, yang merupakan terjemahan dari filosofi SMK Bisa “Maximal Siaga” untuk Indonesia.

Retno Werdiningrum, wakil Ketua SMK Swadaya Semarang menjelaskan bahwa ide ini bermula dari kerjasama dengan studio.energibangsa.id dalam memberikan pelatihan digital marketing kepada siswa-siswi SMK Swadaya.

“dari sana, akhirnya kami mendapatkan ide untuk berkolaborasi membangun sinergi untuk kebermanfaatan bersama, lalu muncullah ide ini,” terangnya.

smk swadaya

Yanuar Aris Budiarto, trainer internet marketing dari studio.energibangsa.id menjelaskan bahwa salah satu basic penting dalam jurusan bisnis adalah kemampuan peserta didik dalam membangun kerjasama, atau kolaborasi.

“anak-anak biasa yang mampu berkolaborasi jauh lebih baik daripada satu ahli yang terisolasi,” ujarnya.

“selain itu, kolaborasi ini juga menjadi solusi, agar nantinya anak-anak jurusan bisnis online dan pemasaran itu tidak (hanya) diajari menjadi kasir dan pramuniaga, karena input dan outputnya jauh berbeda,” lanjutnya.

Dengan ini SMK Swadaya ingin membuktikan pada masyarakat dan wali murid bahwa anak-anak didik di SMK Swadaya benar-benar dididik untuk menjadi praktisi di bidang bisnis online dan pemasaran.

Related Articles

Back to top button