Kesehatan

Kolaborasi PMI Banjarnegara dengan ‘Palang Merah’ Korea Selatan Semakin Meyakinkan

ENERGIBANGSA.ID – Selama empat hari, sejumlah 24 orang relawan Korean Red Cross Gyeonam Chapter (Palang Merah Korea Cabang Gyeonam) dan puluhan Relawan PMI Banjarnegara melakukan sosialisasi kesehatan melalui kebersihan, dan adanya fasilitas sanitasi beserta air bersih.

Fasilitas air bersih yang dibangun Korean Red Cross Gyeonam Chapter bersama Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat di Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara. Fasilitas tersebut terealisasi melalui bakti sosial yang digagas sejak beberapa hari lalu.

Menurut Koordinator Project sekaligus staff Korean Red Cross Gyeonam Chapter Mr. Kim Pan Sub, kegiatan tersebut memang memiliki misi promosi kesehatan sekaligus usaha menyukupi kebutuhan air bersih dan memperhatikan sanitasi.

“kami berharap apa yang dilakukan di Sirukem dapat bermanfaat dan akan dikenang oleh masyarakat sekitar, walau singkat namun kami sangat senang dan bergembira bekerja bersama PMI dan masyarakat” ujarnya, Senin (8/7/2019).

Untuk diketahui, selain bakti sosial, Desa Sirukem juga menjadi desa pilot project WASH (Water Sanitation and Hygiene) PMI sehingga bentuk program yang dilakukan dimulai dari sosialisasi sebagai usaha menyadarkan masyarakat tentang arti kebersihan dan juga dalam bentuk bantuan fisik.

Menariknya pula, Kim merasa terkesan atas keramahan warga. “Kami sangat terkesan dengan sambutan oleh masyarakat desa sirukem dan sekitarnya” ungkapnya.

Rasa terima kasih warga terucap melalui Kepala Desa Sirukem, Rofik Afifudin. Menurutnya, PMI Banjarnegara dan Korean Red Cross telah menunjukkan baktinya dalam persoalan kemanusiaan dengan memberikan banyak manfaat bagi warga desanya.

“Semoga apa yang telah didonasikan dan diberikan kepada kami warga Sirukem dapat bermanfaat, karena masalah sanitasi dan air bersih memang menjadi kendala serius di wilayahnya,” tuturnya..

Sementara Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan berharap masyarakat mampu menjaga serta merawat fasilitas yang telah dibangun oleh Korean Red Cross Gyeonam Chapter.

“Partisipasi masyarakat diperlukan dalam merawat, menjaga dan mengamalkan apa yang sudah diajarkan oleh kawan kawan dari Korean Red Cross” harapnya.

Semoga kolaborasi ini semakin menambah energi positif untuk bangsa Indonesia ya, sobat energi!

Related Articles

Back to top button