fbpx
Daerah

KKN, Mahasiswa UIN Walisongo Gelar Pelatihan Membuat Masker di Bangetayu

SEMARANG, energibangsa.id — Pandemi Covid-19 sesungguhnya tidak hanya berimbas pada tingkat kesehatan masyarakat, namun juga berpengaruh pada pendapatan ekonomi masyarakat.  Salah satu problemnya masyarakat sulit memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Di sisi lain, tidak adanya keterampilan yang dimiliki masyarakat justru memperburuk kondisi ini.

Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi di masa pandemi,yakni dengan memberikan pelatihan dan keterampilan masyarakat. Hal ini seperti dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok-55 Angkatan 75 UIN Walisongo Semarang dengan menggelar pelatihan pembuatan 200 masker, Sabtu (10/10/2020) lalu.

Suasana pelatihan pembuatan 200 masker di rumah Ayu Candra, Kelurahan Bangetayu Kecamatan Genuk Kota Semarang, Sabtu (10/10/2020)

Kegiatan yang dipusatkan di rumah salah satu peserta KKN, Ayu Candra, di Kelurahan Bangetayu Kecamatan Genuk itu diselenggarakan atas kerja bareng pemuda Karang Taruna Bangetayu. Lebih kurang dari 20 peserta hadir dalam pelatihan pembuatan masker, dengan harapan mereka dapat memproduksi masker secara mandiri paska dari pelatihan.

Tepat sasaran

Aldi, salah satu peserta menjelaskan bahwa pelatihan tersebut sangat mengena, tepat sasaran serta efektif.

“Saya sebut tepat sasaran, karena pas banget di saat masyarakat butuh lapangan kerja. Terus, ini juga efektif, karena dengan peserta terbatas, maka pelatihan bisa lebih fokus”, ujarnya.

Sementara itu, Candra, panitia yang juga peserta KKN menyebut peserta cukup antusias dalam mengikuti pelatihan itu.

“Kami berharap setelah menyelesaikan pelatihan ini, kawan-kawan dapat lebih terampil dalam pembuatan masker”, ungkapnya.

“Lebih-lebih, peserta dapat mandiri dengan membuat usaha pembuatan masker. Apalagi bahan-bahan yang digunakan dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko kain. Jadi, polos atau motif hanyalah persoalan kebutuhan.  Yang penting bisa berdampak ekonomis”, pungkasnya. (Laporan: Ayu Candra).

Related Articles

Back to top button