Kabar Daerah

KKN di Adiwerna, Mahasiswa UIN Walisongo Bantu Kenalkan Kerupuk Mie Sebagai Produk Khas Tegal

TEGAL, energibangsa.id — Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah Angkatan 75 (KKN RDR 75) UIN Walisongo Semarang ikut serta dalam pembuatan kerupuk  mie di  Desa Harjosari Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Senin  (19/10) kemarin.

Kagiatan itu bertujuan mengenalkan produk khas desa tempat pengabdian mahasiswa KKN.

“Karena kita sedang melakukan pengabdian di Desa Harjosari Kidul, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengenal lebih dalam tentang makanan khas desa ini dengan mengikuti produksi kerupuk mie”, ungkap Azka Amalia, mahasiswa KKN yang ikut dalam produksi kerupuk mie.

Di sini, mahasiswa KKN dapat mengetahui proses pembuatan dan ikut serta dalam pembuatannya. Dari mulai membuat adonan, menguleni, mencetak, mengukus, hingga mengeringkan kerupuk mie.

Meski tidak ahli tetapi bisa menghasilkan pengalaman dan digunakan sebagai sarana bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Produksi krupuk mie

Menurut pemilik rumah produksi kerupuk mie, dalam sehari dapat menghabiskan 100 kg tepung kanji untuk bahan dasar pembuatannya.

Dan selama pandemi Covid-19 tidak ada penurunan produksi, yang berarti kerupuk mie tetap diminati oleh banyak orang.

Pemilik rumah produksi kerupuk mie, Sucipto mengatakan bahwa meski masa pandemi namun rumah produksi ini tetap berjalan seperti biasa.

“Alhamdulillah, tidak ada penurunan yang signifikan terhadap produksi ini. Hanya saja terkendala dengan pemasaran karena dampak dari pembatasan-pembatasan karena pandemi”, ujarnya.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan kepada mahasiswa KKN dan lebih mencintai produk atau makanan khas dalam negeri.

Ikut andilnya mahasiswa KKN dalam produksi kerupuk mie ini juga membuat pemilik rumah produksi, Sucipto, sangat senang dan berterimakasih.

Harapannya, dari kegiatan ini kerupuk mie buatannya akan lebih dikenal luas oleh banyak orang.

“Syukur-syukur, mahasiswa tak hanya bantu produksi saat KKN. Tapi bantu kami lewat media sosial, agar kami bisa lebih eksis”, pungkasnya (*)

Related Articles

Back to top button