fbpx
Daerah

Kisruh UU Cipta Kerja, Ganjar Ajak Diskusi Serikat Pekerja di Rumah Dinasnya

SEMARANG, energibangsa.id – Kemarin Minggu (11/10), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengundang Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Tengah untuk berdiskusi terkait Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) di Rumah Dinas Puri Gedeh.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini disebut Ganjar untuk bertukar pikiran dan saling memahami. Sehingga ia bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh buruh terkait UU Ciptaker.

“Sehingga ada ruang yang lebih dingin, kita bisa konsentrasi dan berbagi untuk merespons ini,” Jelas Ganjar dikutip dari ANTARA, Senin (12/10).

Didampingi Sakina Rosellasari, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, kesempatan pertemuan ini juga dimandatkan kedua belah pihak (Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Serikat Pekerja) untuk bersama membedah draft UU Ciptaker.

“Dengan cara itu kami harap semua akan saling terbuka. Tadi kita blak-blakan, buka-bukaan mengenai apa itu Undang-undang (UU) Cipta Kerja. Kami dan kawan-kawan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jateng sama-sama tidak mengerti,” ungkap  Ganjar, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Adanya kegiatan diskusi ini, diharapkan Ganjar dapat memunculkan inisiatif yang solutif, seperti mengajukan judicial review serta memberi pendapat atau saran untuk mengisi rencana 35 peraturan pemerintah (PP) dan peraturan presiden (Perpres) yang akan diterbitkan Presiden Joko Widodo.

Setelah audiensi hari ini, Ganjar mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan ruang aduan sebagai sarana mendengarkan keinginan para pekerja dan buruh. “Rasa-rasanya tadi mereka sepakat mengkonsolidasikan diri untuk membahas ini dengan lebih cermat, terutama pada bab 4 yang mengatur tentang tenaga kerja (naker),” tutup Ganjar. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button