fbpx
Inspirasi BangsaNasionalReligius

Kisah Mbah Maimoen tentang Istimewanya Hari Selasa

ENERGIBANGSA.ID Mautul ‘alim mautul ‘alam, kematian orang alim juga merupakan kematian bagi alam. Langit Indonesia kembali berduka setelah tersiar kabar meninggalnya ulama’ nusantara, Simbah KH Maimoen Zubair, di bumi haromain, Makkah Al Mukarromah pada hari Selasa 6 Agustus 2019.

Jagad sosial media menjadi riuh berita duka ini, meninggalnya kyai karismatik ini menjadi viral, meski beberapa kalangan awam menanyakan kenapa Mbah Kyai tidak wafat di hari Jumat?

Diriwayatkan dalam sebuah pengajian, yang audionya bisa didengarkan di sini, Mbah Mun pernah menceritakan bahwa hari Selasa adalah hari istimewa bagi para ulama’ dan auliya (para wali Allah).

“Sejak masa kecil saya dulu, sejak tahun 1800-an, di pondok Sarang Rembang ini, setiap hari Selasa selalu diliburkan ngajinya, tapi sekolahnya tidak (libur),” kisah beliau.

“Kata nenek saya, mulai dari kakek-nenek saya yang ke-empat hingga sampai ayah saya, itu meninggalnya kok selalu di hari Selasa,” lanjut beliau.

Berdasarkan kisah dari nenek beliau banyak sekali ulama’ dan para wali Allah yang meninggal di hari Selasa. “itu gak neng kene tok, di Mekkah juga sama, nanti sampai hari Kiamat, nanti ya, banyak ulama yang meninggal di hari Selasa,” ucap Mbah Moen menirukan cerita neneknya.

Menurut Mbah Moen, keistimewaan Selasa salah satunya adalah hari dimana Allah menciptakan segala bentuk ilmu pengetahuan di bumi ini.

Gus Majid Kamil MZ, salah seorang putra beliau mengungkap bahwa Mbah Maimun Zubair memang pernah menyampaikan keinginannya untuk meninggal di hari Selasa dan meninggal di Mekah. 

Salah satu santri Mbah Moen, Muhammad Kanzul Firdaus juga menceritakan bahwa setiap hari Selasa dirinya dan hampir semua santri Sarang selalu khawatir dan berharap semoga Mbah Maimun panjang umur.

“Jadi setiap hari selasa, saya itu deg-degan. Semoga beliau tidak wafat,” ujar Kanzul.

Selain itu, Mbah Moen juga pernah berpesan dalam ceramahnya di depan santri, bahwa dirinya ingin meninggal hari Selasa sesuai dengan silsilahnya yang meninggal di hari Selasa.

Di hadapan para santrinya, Mbah Maimun menjelaskan hari Selasa itu memiliki keistimewaan dengan hari lainnya, karena di hari Selasa adalah hari pertama kali ilmu yang ada di bumi diturunkan oleh Allah SWT.

Irham, yang juga merupakan santrinya, berpendapat mungkin maksud dari ini semua adalah, Allah menciptakan ilmu di hari Selasa, dan mencabut ilmu juga di hari Selasa.

Related Articles

Back to top button