fbpx
Daerah

Kini PKS, Hendi Panen Dukungan di Pilwalkot Semarang

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Hendrar Prihadi (Hendi) dan pasangannya Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) resmi diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020.

Suharsono selaku Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) PKS Kota Semarang, mengatakan keputusan mendukung sang kader PDIP ini diambil karena beberapa hal. Salah satunya ialah keberhasilan Hendi-Ita dalam memimpin Kota Semarang selama 5 tahun ini.

“Kita telah melakukan komunikasi dengan semua partai politik untuk kemajuan Kota Semarang, namun tidak ada muncul nama selain Mas Hendi,” kata Suharsono

Selain itu ketika melakukan silaturahim kepada para tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat. Mereka juga menilai pemerintahan Hendi-Ita sudah cukup berhasil membawa kemajuan Kota Semarang.

Ia berharap dengan dukungan PKS tersebut, kemenangan Hendi-Ita di Pilwalkot Semarang bisa mencapai 90 persen.

“Dan kita berharap dengan pilihan ini, ke depan pembangunan di Kota Semarang lebih baik, tentu dari sisi target perolehan suara harus lebih baik, kami menargetkan 90 persen suara untuk kemenangan Hendi-Ita,” jelasnya.

Hendrar Prihadi
DPD PKS Semarang saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi untuk kembali bertarung dalam Pilwalkot Semarang. (Sumber: tribunjateng)

Sementara itu, dukungan PKS tersebut merupakan hal baru bagi Hendi.  Sebab, dari pantauan tim energibangsa.id,  pada Pilwalkot sebelumnya partai arahan Sohibul Imam itu tidak ikut mendukungnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menyebutkan PKS merupakan parpol terakhir di DPRD Kota Semarang yang memberikan rekomendasi kepada dirinya.

“(Pilkada) tahun 2010 (saat menjadi balon wakil wali kota) tidak sama PKS. Tahun 2015 (menjadi balon wali kota) juga tidak sama PKS. Nah tahun ini mendapat dukungan dari PKS. Ini saya sangat berterima kasih sekali, apalagi PKS akhirnya menjadi partai terakhir yang memberikan rekomendasinya,” kata Hendi.

Dengan merapatnya PKS, Hendi-Ita diusung sembilan partai politik atau seluruh parpol yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang.

Berdasarkan website dprd.semarangkota.go.id seperti dikutip detik.com, sembilan parpol itu yaitu PDIP (19 kursi), Gerindra (6 kursi), Demokrat (6 kursi), PKS (6 kursi), Golkar-NasDem (5 kursi), PKB (4 kursi), PAN-PSI (4 kursi). Kemudian ditambah satu partai non-parlemen yaitu PPP. (dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button