fbpx
Sosial & Budaya

Kini, Monumen Ki Nartosabdo Berdiri di Sekitar Alun-alun Kota Semarang

SEMARANG, energibangsa.id—Maestro dalang Ki Nartosabdo kembali dikenang dengan monumen yang berdiri dekat dengan alun-alun Kota Semarang.

Pemrakarsanya tak lain, yakni salah satu murid Ki Nartosabdo, Jaya Suprana.

Melansir detikhot, Selasa (30/3/2021), lokasi monumen setengah badan Ki Nartosabdo berada di Jalan Pemuda persimpangan antara alun-alun dan jalan menuju Kota Lama Semarang, atau tepatnya di depan Hotel Metro.

Dalang asal Klaten

Ki Nartosabdo merupakan maestro kelahiran Klaten, 25 Agustus1925 dan meninggal di Semarang, 7 Oktober 1985.

Ia juga menciptakan lagu atau gendhing terkenal antara lain yaitu Caping Gunung, Gambang Suling, Prahu Layar dan lainnya.

Berdirinya monumen tersebut merupakan ide dari Jaya Suprana sebagai salah satu murid.

Namun saat peresmian ia tidak hadir dan diwakili oleh Dirut Jamu Jago, Ivana Suprana yang membacakan sambutan dari Jaya Suprana.

“Insya Allah peresmian monumen Ki Nartosabdho merupakan langkah awal perjalanan panjang warga Semarang bersama seluruh warga Indonesia menobatkan Ki Nartosabdo sebagai pujangga musik menjadi Pahlawan Nasional sama halnya dengan Ismail Marzuki sebagai pujangga musik telah dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional,” kata Ivana membacakan sambutan Jaya Suprana di lokasi peresmian, Selasa (30/3/2021).

Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini bekerja sama terkait lokasi. Sekda Kota Semarang, Iswar yang mewakili Wali Kota Semarang mengatakan lokasi yang dipilih merupakan tempat yang baik.

Diantara Kota Lama dan Alun-alun Kota Semarang

Hal itu, karena merupakan lokasi wisata yang baik dimana ada Kota Lama dan alun-alun Kota Semarang.

“Kita melihat kawasan ini bersejarah. Alun alun Semarang kota, berharap dengan penanda ini sebagai pengungkit kembali ini kawasan bersejarah yang dulunya the best di kota semarang. Kejayaan itu akan kita kembalikan,” kata Iswar.

Dalam peresmian tersebut hadir juga pihak keluarga Ki Nartosabdo, Dhanang Respati Puguh dan Jarot Sabdho. (dd)

Related Articles

Back to top button