Kilat! Jakarta - Bandung Cuma 36 Menit (Foto: CNBC)
Kilat! Jakarta - Bandung Cuma 36 Menit (Foto: CNBC)
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaTeknologi

Kilat! Jakarta – Bandung Cuma 36 Menit

0

ENERGIBANGSA.ID – Perjalanan Jakarta-Bandung kini dapat ditempuh dengan waktu super singkat menggunakan kereta cepat. Diperkirakan, waktu tempuh hanya berkisar 36 menit dengan kecepatan tinggi hingga 420 km/jam.

Kereta generasi terbaru produksi Cina dengan nomor seri CR400AF ini terdiri dari delapan gerbong (cars). Rinciannya meliputi empat gerbong bermotor dan empat gerbong tanpa motor.

Chandra Dwiputra, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia Cina menjelaskan, kereta baru ini dapat menempuh jarak 142,3 km Jakarta- Bandung hanya dalam waktu 36 menit untuk perjalanan langsung dan 46 menit dengan kondisi perjalanan berhenti di setiap stasiun. Adapun stasiun pemberhentiannya adalah Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh energibangsa.id, kereta cepat ini diklaim memiliki masa penggunaan lebih lama hingga lebih dari 30 tahun. Selain itu biaya perawatan kereta ini juga tergolong lebih rendah dibanding kereta lain. Sementara untuk penentuan harga tiket hingga kini belum ditentukan.

“Penetapan harga tiket kereta cepat masih terus dikaji hingga operasional pada tahun 2021 mendatang,” terang Chandra.

Mengutip dari tirto.id, kereta dengan tinggi 4,05 meter ini dilengkapi dengan teknologi dan desain yang modern. Kereta didesain dapat beroperasi di empat iklim, salah satunya iklim tropis Indonesia dengan suhu dan kelembaban tinggi. Setiap rangkaian gerbong juga dilengkapi dengan dua Lightning Arrester untuk meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir.

Wah, menarik sekali ya Sobat Energi. Kalau sudah seperti ini kan kaum-kaum LDR Jakarta-Bandung jadi terselamatkan. Hehe.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Temuan IFC : Perempuan Berdampak Positif Bagi Kinerja Perusahaan

Previous article

Dalam 4 tahun, Ekspor Pertanian Indonesia ke Jepang Naik Tajam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.