SAID AGIL PBNU
Politik

Ketum PBNU: NU Harus Menang, Bupati Kendal Harus NU

0

ENERGIBANGSA.ID, Kendal – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Said Aqil Siraj (SAS) mengisyaratkan kader NU yang maju dalam pemilihan kepala daerah harus didukung.

Hal itu diungkapkan saat mengisi ceramah peresmian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan peletakan batu pertama RSNU (Rumah Sakit Nahdlatul Ulama) di Kendal Jawa Tengah.

Kalau niatnya baik, kata SAS, ada orang mau jadi Bupati Kendal maka nafsu ghadlabnya menjadi himah (tekad). SAS menerangkan, Nabi memiliki himmah yang besar dalam memperjuangkan Islam.

Karena itu ia memberikan sinyal bahwa kader NU harus berani berjuang untuk NU dalam hal apapun, termasuk dalam politik.

“Maka Bupati Kendal harus?,” Kata SAS yang langsung dijawab “NU” secara serentak oleh ribuan orang yang hadir, Selasa (18/2/2020).

Setelah mengulang selama 3 (kali) ia menoleh ke arah jajaran pengurus PCNU Kendal yang duduk di sisi kiri panggung. Secara kebetulan salah satu kader NU yang saat ini santer dikabarkan maju sebagai bakal calon bupati Kendal, “Sopo to calone iki?” candanya.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat beberapa poin penting terkait gerakan kemandirian warga NU. Di antaranya, warga NU harus memiliki himmah (tekad) untuk sukses dalam berkarir sehingga mampu memakmurkan warganya, kemandirian organisasi diusung secara berjamaah, dan mengutamakan Alquran dan pendidikan karakater.

“NU harus menang” tegasnya. Sebagai informasi, saat ini terdapat beberapa kader muda NU yang mendaftar pada partai politik yang sama untuk maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan bupati (Pilbup) Kendal 2020.

Kesemuanya senior dan mantan ketua PC GP Ansor Kabupaten Kendal dan PW GP Ansor Jawa Tengah. Selain itu ada juga yang menjadi aktifis di DPD KNPI.

Terkait hal itu, Ketua PCNU Kabupaten Kendal KH Muhammad Danial Royan mengatakan potensi kader muda NU harus jelas.

“Mereka itu masih muda, masih bisa berkontribusi dalam jangka waktu yang panjang. Saat ini yang penting dapat rekomendasi dulu dari parpolnya,” kata Danial saat dimintai keterangan persnya, Rabu (19/2/2020).

Setelah itu, lanjutnya, para kader yang siap berkontestasi harus menjelaskan komitmen apa yang akan diberikan pada warga Kendal pada umumnya, dan warga NU khususnya. Sehingga dukungan yang diberikan warga NU sudah jelas pada calon bupati, bukan sebatas bakal calon bupati.

Kemandirian organisasi NU diproyeksikan akan membuat PCNU Kendal tak hanya berkutat pada amaliah saja, lebih dari itu pada persoalan sosial, ekonomi dan kesehatan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Danial, PAUD dan RSNU merupakan bagian dari proses pembentukan NU Kendal Centre dengan berbagai fasilitas.

“Rencananya nanti kantor semua banom ada di situ (NU Kendal Centre). Semoga dapat terus dikembangkan dengan Pusdiklat, hptel NU dan sebagainya,” tutupnya. (*)

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Laga Persijap Lawan Persekat, Panpel Siapkan 10.000 Tiket

Previous article

Ternyata, Kita Bisa Akses Google Assistant Meski Tak Ada Kuota Data!

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Politik