Kabar IndonesiaNasionalPendidikan

Ketua NU Jateng: Pengembangan IPTEK Bagian dari Ibadah

ENERGIBANGSA.ID – Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupaka sebuah energi positif yang tak dapat dibantah. Pemanfaat energi bangsa yang dilakukan pada prinsipnya untuk azas pemanfaatan dan sarana ibadah kepada Allah SWT.

Hal demikian ini dikatakan Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng H M Muzamil disela aktifitasnya di PWNU Jateng, Jalan dr Cipto Semarang.

“Kita selaku warga NU seyogyanya ikut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bagian dari ibadah kita kepada Alloh SWT,” kata Kiai Muzammil, Senin (9/9/2019).

Dikatakannya, beberapa hari lalu PWNU Jateng telah menyerahkan Surat Keputusan kepada Rektor Institut Teknologi dan Sains (ITS) NU Kab Pekalongan, DR Miftakhul Huda, Msi, dan sekaligus sebagai tanda dimulainya perkuliahan tahun akademik 2019/2020.

Menurutnya, NU sebagai organisasi kemasyarakatan berbasis agama memiliki urgensi terhadap Institut Teknologi dan Sains. Sebab, dalam ibadah dibutuhkan ilmu, menyediakan sarana dan prasarana ibadah juga diperlukan ilmu, baik ibadah mahdlah maupun ibadah mu’amalah.

Dalam pandangan ahlussunah wal jamaah, lanjutnya, semua ilmu berasal dari Alloh SWT. Sehingga kita tidak perlu ikut-ikutan membedakan atau memisahkan antara ilmu agama dan ilmu umum. “Menurut Imam Al-Ghazali ilmu itu ada dua, yaitu ilmu dlohir dan ilmu batin,” terangnya.

“Misalnya kita diingatkan ‘di dalam dirimu sendiri apakah tidak engkau perhatikan?’. Kalau kita memperhatikan sungguh-sungguh diri kita, maka akan menghasilkan banyak ilmu, seperti biologi, psikologi, kedokteran, dan sebagainya,” ungkapnya.

Diterangkan lebih lanjut, Demikian pula kalau kita perhatikan dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW, yang menegaskan, ‘berpikirlah engkau tentang makhluk ciptaan Allah, dan jangan memikirkan dzatNya’.

“Ini luar biasa kalau kita sungguh-sungguh memikirkan ciptaanNya, juga akan menghasilkan banyak ilmu, seperti ilmu alam, ilmu teknik, ilmu eksakta, ilmu kimia, fisika, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Selain itu, menurut dia, mempelajari semua ilmu tersebut adalah kewajiban umat manusia dengan harapan akan menjadi hamba Allah yang bertakwa.

“Karena itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PCNU Kabupaten Pekalongan yang telah mendirikan Institut Teknologi dan sains NU Pekalongan. Semoga berkembang baik, dapat mengikuti akreditasi baik, dan dapat menghasilkan lulusan dengan predikat memuaskan. Amin,” harapnya.

Semoga dengan semakin berkembangnya pendidikan dan pelajar NU juga bisa menjadi energi bangsa Indonesia di masa kini dan nanti.

Related Articles

Back to top button