fbpx
Kabar Daerah

Ketua Komisi A DPRD Jateng Apresiasi Kinerja Cepat Dispermadesdukcapil Jateng Urus KTP Korban Banjir

SEMARANG, energibangsa.id – Berangkat dari banyaknya masyarakat Jateng yang terdampak banjir, dan berujung kehilangan kartu dan surat-surat kependudukan.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jawa Tengah langsung melakukan pendataan bagi masyarakat terdampak banjir.

Sugeng Riyanto, Kepala Dispermadesdukcapil Jateng, telah menginstruksikan jajarannya di level kabupaten/kota hingga turunannya di kelurahan/desa untuk jemput bola melakukan pendataan.

“Saat ini masih dilakukan proses pendataan dan sudah ada yang diproses untuk dibuatkan baru, khususnya bagi masyarakat terdampak bencana banjir yang KTP dan dokumen kependudukan lainnya rusak atau hilang,” ujar Kepala Dispermadescapil Jateng, Sugeng Riyanto, Selasa (16/2/2021).

Menurut Riyanto, pengurusan administrasi kependudukan saat ini sudah dipermudah, sehingga masyarakat diharapkan tidak menggunakan calo saat mengurusnya.

Apresiasi Ketua Komisi A

Ketua Komisi A DPRD Jateng, Mohammad Saleh ST, yang merupakan mitra kerja Dispermadesdukcapil Jateng, juga menyorot hal tersebut.

Anggota Dewan dari Dapil Pekalongan, Batang, Pemalang itu mengapresiasi kinerja cepat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jateng, yang langsung jemput bola di daerah desa-desa.

“Saya mengapresiasi ya kinerja rekan-rekan Dispermadesdukcapil Jateng, hingga level Kabupaten, Kota, yang langsung tanggap, dan jemput bola ke desa-desa,” puji Saleh pada kinerja Dispermadesdukcapil Jateng.

Menurut politisi yang akrab dipanggil Bang Saleh itu, kinerja seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

“Kalau perlu tidak usah pakai surat kehilangan dari Kepolisian, tinggal lapor saja, “pak KTP saya hilang,” langsung dibuatkan baru,” ujarnya.

Meski begitu, Saleh mewanti-wanti agar masyarakat tidak menyalahgunakan kemudahan ini untuk asal-asalan menggandakan KTP-nya. (Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button