fbpx
Kabar Daerah

Ketua FKPT, Prof Syamsul: Pemuda Jangan Tergoda Ajakan Gerakan Terorisme!

SEMARANG, energibangsa.id—Pusat latihan militer jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) di Desa Gintungan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akhirnya terbongkar.

Baru-baru ini, Tim Densus 88 Antiteor Polri membongkar pusat latihan militer jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) di Desa Gintungan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng, Prof Dr Syamsul Ma’arif M Ag, Senin (28/12) menjelaskan meningkatnya aktivitas latihan jaringan terorisme bisa disebabkan adanya kondisi pandemi seperti saat ini.

Prof Syamsul menjelaskan, sebagian masyarakat fokus pada aspek penanganan covid. Sehingga agak abai pada aspek lain,termasuk potensi radikal terorisme pada generasi muda.

“Generasi muda semasa covid lebih banyak di dunia online. Sekolah dan kampus tutup, tempat rekreasi dibatasi, dan peluang kerja tidak ada. Konten-konten radikal dan ekstrem yang dibungkus heroik akan menarik perhatian mereka”, ujarnya.

“Jaringan dan sel-sel ideologi radikal telah banyak menetas di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Semarang. Apalagi masyarakat di daerah itu belakangan ini sibuk dengan agenda Pilkada 2020”, imbuhnya.

Canggihnya teknologi informasi

“Narasi dan sentimen itu, sekarang sangatlah mudah apalagi dengan kecanggihan medsos. Jika mendapatkan ajaran-ajaran radikal hendaknya sedini mungkin masyarakat perlu hati-hati. Tak perlu cepat men-share berita hoaks yang belum teruji kebenarannya”, jelasnya.

Dia menambahkan, justru perlu senantiasa mengedukasi dan merawat persaudaraan di tengah-tengah masyarakat. Agar kita senantiasa damai dan mendamaikan.

Prof Syamsul berpesan bagi para pemuda agar tidak tergoda dengan ajakan-ajakan tak benar. Seperti ajakan untuk membangun sekaligus membangkitkan gerakan-gerakan terorisme. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button